SMART HOME BERBASIS IOT

Fathur Zaini Rachman

Abstract


Akses perangkat ruangan untuk Smart Home merupakan gabungan antara teknologi dan pelayanan pada lingkungan rumah dengan tujuan meningkatkan efesiensi, kenyamanan dan keamanan. Sistem Smart Home terdiri dari perangkat kendali, monitoring dan otomatisasi perangkat. Pada Smart Home, beberapa perangkat atau peralatan rumah yang dapat diakses melalui sebuah komputer ataupun melalui bluetooth. Sistem Smart Home pada sisi kendali dan pemantauan masih belum mendukung multiple platform dan masih dalam jangakauan yang terbatas. Sehingga dalam implementasinya masih dalam komunikasi jarak pendek. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem yang dapat diakses di mana saja berbasis IoT. metodologi penelitian menggunakan metodologi eksperimental. Dalam implementasinya menggunakan komunikasi ZigBee untuk pengiriman data ke server dan modul ESP 8266 sebagai web server dan juga sebagai upload data ke server Thinkspeak. Hasil penelitian, dalam akses dapat dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah. Hasil pengujian, di dalam rumah dapar dilakukan langsung dengan mengakes pada arduino server secara intranet dan bila diakses dari luar dapat dilakukan melalui server Thinkspeak melalui internet, akan tetapi diperlukan delay dalam setiap pengiriman data ke server Thinkspeak.


Full Text:

PDF

References


M. D. Putro dan F. D. Kambey, “Sistem Pengaturan Pencahayaan Ruangan Berbasis Android Pada Rumah Pintar”, JNTE, vol.5 no.3, (2016): 297-307.

Setiadi dan H. Munadi,” DESAIN MODEL SMARTHOME SYSTEM BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535”, JTM Vol. 3, No. 2, (2015)

Yurmama, Fajar, T., Azman, Novi. “PERANCANGAN SOFTWARE APLIKASI PERVASIVE SMART HOME”. Proseding SNATI Yogyakarta, (2009)

F.Z. Rachman, “ Implementasi Komunikasi Nirkabel Pada Smart Home Bebasis Arduino” SNTI V, (2016):233-238

F.Z. Rachman, “Prototype development of monitoring system in patient infusion with wireless sensor network “, IEEE, (2015): 329-402.

F.Z. Rachman, “Implementasi Jaringan Nirkabel Menggunakan ZigBee Pada Monitoring Tabung Inkubator Bayi”, JNTE, vol.5 no.2 , (2016): 207-216

F.Z. Rachman, A. Armin, N. Yanti, Q. Hidayati “ Implementasi Jaringan Sensor Nirkabel ZigBee Menggunakan Topologi Mesh Pada Pemantauan dan Kendali Perangkat Ruang”, JTIIK, vol.4 no.3, (2017): 201-206


Refbacks

  • There are currently no refbacks.