MINAT DAN MOTIVASI DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KOTA SAMARINDA
Abstract
This study aims to observe interest and motivation of Fourth Grade Student in learning English at Elementary School in Samarinda. Qualitatative study is used to identify students’ interest and motivation. In taking data, observation, questionnaire and interview is to take deeply in order to find the problem and be used as based questionnaire data. Sampel is all the students of the fourth grade. Interest question item is consisted eleven item, motivation is eight items. Result shown that interest and motivation element indicated very good because the elementary students of the fourth grade is able give good response in simple dialogue and answer a simple questions orally and verbally, however those are will have been guided constantly.
Full Text:
PDFReferences
Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan di Indonesia Tahun 2003. (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf)
Ideris, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (2017).
Surat Keputusan Walikota Kotamadaya Samarinda Tentang Pemberlakukan Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal di Sekolah Dasar di Kota Samarinda [https://disdik.samarindakota.go.id/2014/10/28/info-mulok-kota-samarinda]
Fitriana,Rahmawati, The Influence of the Parents’ Attention and Economic Condition to English Learning Achievement Students of the Fourth Grade Elementary Schools in Samarinda, in 2005/2006 Academic Year.(2005). Jurnal Eksis, Politeknik Negeri Samarinda.
Kholid, Idham, 2017. Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing.
(https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU)
Sinaga,C.Margaret,2015. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V SD Negeri 104243 Lubuk Pakam Tahn Ajaran 2014/2015. (http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7938)
Kartikawati, Wiwin 2012. Upaya peningkatan Motivasi belajar Bahsa Inggris di Sekolah Dasar (http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/578/548
Sunatiningrum,E.Yusi,2012. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Reading dengan Menggunakan Model NGT Kelas IV SDN I Sukadana.Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon. (repository.syekhnurjati.ac.id/.../YUSI%20ENDAH%20S_58471338..).
Romadhon,Yahya, 2015.Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI pada siswa di Madrasah Ibtidayah Negeri III, Kabupaten Malang.(etheses.uin-malang.ac.id/7318/1/11140047.pdf
Setyandari,Anna,2014. Peranan OrangTua dalam Memotivasi Dalam Belajar Bahasa Inggris Pada Usia Anak Sekolah Dasar (http://repository.uin-suska.ac.id/8077/1/2012_2012597.pdf)
Frendy,L.Bayu, 2015.Pengaruh Status ekonomi Orangtua dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Sunan Giri Ngebruk Kabupaten Malang (http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2939/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf)
Jimmy, Victor, 2017. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Memotivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidayah Nurul Huda Palembang (eprints.radenfatah.ac.id/.../VICTOR%20JIMMI%20%2811270103... )
ResearchGate,2016. Motivating Students to Learn English (https://www.researchgate.net/...students_motivation.../Motiva...)
Permendiknas, 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. ((educloud.fkip.unila.ac.id/index.php?.../Pendidikan%20Guru%20Sekolah%20Dasar/&...)
Ristanto,H.Rizhal ,2017. Mengukur Kemampuan awal (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=107530&val=4061)
Adrijanti,2017. Korelasi Antara Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Mata Pelajajaran Bahasa Inggris di Sekolah dasar (ttps://anzdoc.com/korelasi-antara-minat-belajar-siswa-dengan-prestasi-mata-pel.html)
Setyarini,Sri.Puppet Show: Innovasi Metode Pengajaran Bahasa Inggris Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SD.[2010]( (http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_PENELITIAN_PENDIDIKAN/%22PUPPET_SHOW%22_INOVASI_METODE_PENGAJARAN_BAHASA_INGGRIS_DALAM_UPAYA_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERBICARA_SISWA_SD.pdf
Samsudin,” Article : Sam, “Tinggalkan Profesi Guru demi Berdongeng: Tebarkan Virus Perdamian lewat Cerita “(Kaltim Pos,8-10-16)(2016)
Muyyasaroh,R.Annisa, PengaruhMetode Bercerita Terhadap Kemampuan Kosa Kata Dasar Anak Usia 4-5 Tahun Di RA. Muslimat Banyumas, Kabupaten Pringsewu (2016). (http://digilib.unila.ac.id/22845/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf)
Refbacks
- There are currently no refbacks.