Perangkat Penghitungan dan Penentuan Kualitas Produksi Telur Ayam Berbasis Mikrokontroler Terintegrasi Smartphone

Helda Yenni, Susanti Susanti

Abstract


Pertumbuhan bidang agrobisnis semakin berkembang. Didukungdengan pertumbuhan teknologi yang begitu pesat, mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi modern dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Termasuk diantaranya usaha yang bergerak dibidang produksi telur ayam.Pada saat ini sistem manual masih digunakandalam kegiatan penghitungan jumlah produksi maupun kontrol seleksi kelayakan jual hasil produksi tersebut. Sistem manual membutuhkan waktu yang lama, sumber daya manusia dan hasil perhitungan yang tidak akurat. Hal ini juga dapat berpotensi terjadinya kecurangan dari karyawan yang berpeluang untuk memanipulasi hasil produksi untuk kepentingan pribadi. Kerugian perusahaan merupakan konsekuensi yang mutlak terjadi. Salah satu solusi alternatif untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan membangun sistem yang terotomatisasi.  Pada penelitian yang telah dilakukan,dihasilkan sebuah sistem yang mampu melakukan penghitungan dan menyeleksi hasil produksi yang sesuai standar kelayakan jual dan yang tidak sesuai. Sistem ini dibangun dengan menggabungkan kemampuan hardware dan software. Komponen utama yang digunakan, yakni  Sensor Ultrasonik yang dapat mendeteksi setiap butir telur yang dihasilkan,Single Board ComputareRaspberry Pi sebagai module master yang bertugas sebagai pengendali utama, sensor cahaya untuk mendeteksi kualitas kelayakan telur  serta databaseuntuk merekam jumlah  produksi. Sistem juga terintegrasi dengan website dan dapat diakses melalui perangkat komputer maupun perangkat mobile lainnya. Dengan demikian sistem yang dihasilkan dapat meminimalisirkerugian perusahaan dengan menghasilkan perhitungan jumlah produksi yang akurat dan kontrol seleksi produksi yang dihasilkan sesuai standar layak jual atau tidak. Hal ini dapat mempermudah pimpinan maupun pihak terkait untuk melakukan pemantauan terhadap hasil produksi secara mobile.


Keywords


Mikrokontroler, Produksi Telur Ayam, website, smartphone

Full Text:

PDF

References


C.C.L. Salele, B. Roimpadey, M. T, Massie, dan P. O. V. Waleleng, ”Analisis Penggunaan Faktor Produksi Pada Perusahaan Ayam Ras Petelur (Studi Kasus Pada UD. Kakaskasen Indah san CV. Nawanua Farm),” Jurnal Zootek, vol. 34, Mei 2014, pp.1-14, 2014.

P. Setiabudi, “Prospek Usaha Ayam Petelur di Indonesia,” Poultry Indonesia, vol IV, Maret 2009, 2009.

W. K. Sejati, “Analisis Kelembagaan Rantai Pasok Telur Ayam Ras Peternakan Rakyat di Jawa Barat,” Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, vol. 9, no 2, Juni 2011, pp.183-198, 2011.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2015. Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, 2015.

C. Yohannes, “Sistem Penghitung Jumlah Barang Otomatis dengan Sensor Ultrasonik,” Jurnal Ilmiah “Elektrikal Enjiniring” UNHAS, vol.09, no.02, Mei-Agustus 2011, pp.66-71, 2011.

A. Ridhamuttaqin, A. Trisanto, Agus dan E. Nasrullah, “Rancang Bangun Model Sistem Pemberi Pakan Ayam Otomatis Berbasis Fuzzy Logic Control,” Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro-ELECTRICIAN, vol.7, no.3, September 2013, pp.125-137, 2013.

S. Suriansyah, S. Muhammad, T. W. F. , Pontia, “Perancangan Sistem Data Logger Dilengkapi MMC Sebagai Pencacah Butir Telur Ayam Berbasis Microcontroller ATMEGA328P,” Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, vol 2, no.1 , 2015.

V. Wijayanti, A. Nugroho, “Alat Pendeteksi Telur Berbasis Mikrokontroler PIC16F84,” Jurnal ilmiah GO INFOTECH, vol. 21, no.1, Juni 2015, pp.25-30, 2015.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v5i2.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats