Implementasi Metode City Block Distance pada Identifikasi Citra Tanda Tangan

Markhamah Tri Utami, Tien Rahayu Tulili, Anton Topadang

Abstract


Tanda tangan adalah gaya tulisan tertentu dari nama seseorang sebagai tanda identifikasi  dan dapat digunakan untuk mengenali identitas seseorang. Saat ini, sistem identifikasi tanda tangan telah di aplikasikan pada sejumlah bidang, seperti pada bidang forensik, psikologi, dan keamanan. Tahapan yang digunakan dalam identifikasi tanda tangan memiliki tiga tahap dasar, yaitu tahap akuisi data tanda tangan, tahap ekstraksi ciri citra tanda tangan, dan terakhir tahap pengujian kecocokan tanda tangan. Tahap ekstraksi ciri citra tanda tangan merupakan tahapan yang cukup penting. Pada tahap ini akan dicari informasi-informasi yang merupakan ciri khusus dari tiap tanda tangan. Sehingga dapat dijadikan dasar untuk mendapatkan identitas dari suatu tanda tangan. Dari ciri tersebut, digunakan metode jarak City Block untuk menentukan kecocokan dalam pengujian citra tanda tangan. Berdasarkan hasil  nilai uji coba identifikasi menggunakan citra yang berbeda dari tanda tangan orang yang sama dengan menggunakan jarak city block didapatkan hasil 20 citra dari 24 citra berhasil diidentifikasi dengan tingkat keberhasilan sebesar 83,33%.


Keywords


identifikasi, jarak city block, tanda tangan

Full Text:

PDF

References


M. R. Faisal, 2017. Seri Belajar Pemrograman Supervised Learning dengan R (Volume 1 dari Seri Belajar Pemrograman), www.rezafaisal.net, diakses tanggal 20 Januari 2017.

R. D. Intan dan E. M. Imah, “Studi Komparasi Ekstraksi Fitur pada Pengenalan Wajah Menggunakan Principal Component Analysis (PCA) dan Wavelet Daubechies,” Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 6, no. 11.

R. R. Isnanto, A. A. Zahra, E. D. Widianto, “Analisis Kinerja Pengenalan Telapak Tangan Menggunakan Ekstraksi Ciri Principal Component Analysis (PCA) dan Overlapping Block,” Scientific Journal of Informatics, vol. 2, no. 2, 2015.

A. Kadir dan A. Susanto, 2012. Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi Offset.

D. Putra, 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

G. Romadhon dan Murinto, “Aplikasi Pengenalan Citra Rambu Lalu Lintas Berbentuk Lingkaran Menggunakan Metode Jarak City-Block,” Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, 2014.

D. Satria dan Mushthofa, “Perbandingan Metode Ekstraksi Ciri Histogram dan PCA untuk Mendeteksi Stoma pada Citra Penampang Daun Freycinetia,” vol. 2, no. 1, 2013.

I. M. G. Sunarya, “Sistem Biometrika Identifikasi Tanda Tangan Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Model Perceptron,” Jurnal Informatika, vol 7, no. 1, 2013.

Suriyati, “Identifikasi Telapak Tangan (Palmprint) Dengan Ekstraksi Fitur Dimensi Fraktal Dan Lacunarity,” Prosiding Konferensi Nasional Inovasi dalam Desain dan Teknologi, 2011.

www.kbbi.co.id, diakses tanggal 20 Januari 2017.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v5i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats