EVALUASI KINERJA JALAN SEBAGAI PARAMETER KEMACETAN SIMPANG EMPAT PINGIT YOGYAKARTA

Poegoeh Soedjito

Abstract


ABSTRAK

Dalam mewujudkan sarana prasarana trasnportasi di sektor perencanaan jalan untuk umur rencana 25 tahun perlu menjadi perhatian, sehingga kemacetan pada simpang empat sudah dapat diantisipasi sejak awal dan pengelola sistem transportasi dapat dicari model pemecahannya. Kegunaan umur rencana sebagai tolok ukur kebenaran fungsi perencanaan jalan, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui akan timbulnya kemacetan dari ruas jalan pembentuk simpang empat PingitYogyakartadan kesibukan kendaraan pada waktu pagi, siang dan sore hari semakin padat. Perlu meninjau kembali tentang umur rencana jalan dan mengidentifikasi terhadap kinerja simpang untuk dapat meningkatkan manajemen rekayasa lalu lintas.  Metodologi yang dipakai menggunakan studi pustaka klasifikasi fungsi jalan dengan memperbandingkan bahan data vulume arus lalu lintas tiap jam perencanaan pada simpang empat Pingit tahun 1979 sebelum dilakukan pelebaran mulut simpang jalan pembentuk simpang. Rumusan umur rencana jalan 25 tahun dengan pertumbuhan perkembangan arus lalu lintas rata-rata 4 persen setiap tahun dengan alat ukur memanfatkan rumus LHR dan memperhitungkan jumlah lalu lintas dalam 1 tahun dibagi jumlah waktu harinya ( 365 hari ), yakni LHR rencana = LHR awal ( 1 + i  ) Hasil pembahasan menunjukan bahwa tahun 2004 : (1) nilai kapasitas arus lalu lintas Jalan Diponegoro sebesar 34.112,04 smp sebagai Jalan Kelas I ; (2) nilai kapasitas arus lalu lintas Jalan Sindunegaran sebesar 13.665,08 smp sebagai Jalan Kelas II A ; (3) nilai kapasitas arus lalu lintas Jalan Kyai Mojo sebesar 11.465,76 smp sebagai Jalan Kelas II A ; (4) nilai kapasitas arus lalu lintas Jalan Magelang sebesar 32.277,95 smp sebagai Jalan Kelas I. Semua jalur jalan yang terkait dengan simpang empat Pingit perlu pembatas jalur dan dikelola sebagai terobosan teknik rekayasa lalu lintas.

Kata kunci :        Kemacetan, kapasitas, volume lalu lintas, umur rencana  


Refbacks

  • There are currently no refbacks.