Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Teknik Melalui Pembelajaran Kooperatif ( Jigsaw) Pada Mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Negeri Balikpapan

Suharlena Suharlena

Abstract


Abstract

The purpose of this research is to know cooperative learning with the jigsaw method can in crease the motivation of learning math techniques on students, mechanical engineering Polytechnic Balikpapan. Expected results of this research is beneficial to the students in order to increase the competence of professionals.This research was conducted over the past two cycles. As for the actions taken in this research is learning the method jigsaw cooperative. Based on the results of research and discussion of the results of this research action class is learning with jigsaw cooperative methods can improve motivation studied mathematics at the Polytechnic student Balikpapan. This is evidenced by an in crease in student motivation to learn mathematic score of 2,919 became the first cycle and 3,193 at 3,193 be 3,33 of the second cycle after the implementation of the action. This is a pretty significant improvement.

Keywords: Cooperatif Learning (Jigsaw), Motivation to Learn

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah belajar kooperatif atau cooperative learning dengan metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada mahasiswa program Diploma III, Teknik Mesin Politeknik Balikpapan. Diharapkan hasil penelitian  ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam rangka peningkatan prestasi, dan bagi dosen dalam rangka peningkatan kompetensi professional. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Adapun tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah belajar kooperatif atau cooperative learning dengan metode Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah belajar kooperatif atau cooperative learning dengan metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada mahasiswa program Diploma III, Poltekba. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan skor motivasi belajar matematika mahasiswa dari 2,919 menjadi 3,193 pada siklus pertama dan dari 3,193 menjadi 3,33 pada siklus kedua setelah implementasi tindakan. Hal ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif (Jigsaw),Motivasi belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.