Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2020)

Tri Suwanti, Sri Sulasmiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Assets Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Pertumbuhan Laba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahan manufaktur sub sektor rokok terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sejumlah 4 perusahaan dengan sampel observasi sebanyak 32. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CR, DAR, DER, dan TATO secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hasil uji t menunjukkan bahwa DAR dan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, CR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba, dan TATO berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. 

 


Keywords


Current Ratio (CR); Debt to Assets Ratio (DAR); Debt to Equity Ratio (DER); Total Assets Turnover (TATO), Pertumbuhan Laba

Full Text:

PDF

References


Adha, H. M., & Sulasmiyati, S. (2017). Pengaruh Leverage, Likuiditas, dan Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis , 47(2), 1-9.

Brigham, E. &. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Cahyadi, F. H. (2017). Analisis Pengaruh CR, DER, NPM, TATO, dan ROE Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Diss. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Databoks. (2019). Indonesia, Negara dengan Jumlah Perokok Terbanyak di Asean. Dipetik dari www.databoks.katadata.co.id

Hanafi & Halim (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Indonesia Stock Exchange (IDX). (t.thn). Laporan Keuangan dan Tahunan. Dipetik dari www.idx.co.id

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munawir. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: PT. Liberty.

Ndubuisi et al. (2019). Effect of financial leverage on profit growth of quoted non-financial firms in Nigeria. J Fin Mark , 3(1), 9-14.

Prastowo, D. (2011). Analisis Laporan Keungan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sari, L. P. (2015). Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Kasus: Perusahaan Food and Baverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). Diss. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Septiana, A. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar Dan Deskripsi Laporan Keuangan. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Silalahi, E. (2019). Pengaruh Informasi Keuangan Dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba (Studi Empiris : Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 4(2), 195–212.

Sitаnggаng, J. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sjahrial, D. (2009). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Subramanyam, K. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v6i2.1482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics JSHP Visitor Stats

 Creative Commons License

JSHP is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.