Analisis Komodifikasi Media Sosial Instagram terhadap Citra Partai Politik Menjelang Pemilihan Calon Presiden 2024
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adzani, D. M., & Jumino, J. (2020). Pemanfaatan Podcast dan Instagram oleh Komunitas Literatif sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(3), 327-342.
Arianti, R. T., & Purnama, H. (2018). Komodifikasi Kata Halal pada Iklan Hijab Zoya Versi Cantik Nyaman Halal. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(2), 160-169.
Akun Instagram Anies Baswedan, retrieved from https://www.instagram.com/ aniesbaswedan/
Akun Instagram Puan Maharani, retrieved from https://www.instagram.com/ puanmaharaniri/
Akun Instagram Prabowo Subianto, retrieved from https://www.instagram.com/ prabowo/
Gundecha, P., & Liu, H. (2012). Mining Social Media: a Brief Introduction. New Directions in Informatics, Optimization, Logistics, and Production, 1-17
Halim, S. (2021). Perayaan Varian Baru Komodifikasi dalam Program Mata Najwa di Media Lintas Platform. In Seminar Nasional Abdimas Dan Call Paper Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (pp. 403-410).
Hanifah, R., Hamdani, V. F., & Utari, A. S. (2021). Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Instagram (Studi Deskriptif Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco pada Instagram Anies Baswedan Terkait Covid-19). Jurnal Komunikatio, 7(1), 5-7.
Hasan, S. (2018). Komodifikasi Kemiskinan dalam Acara Reality Show Mikrofon Pelunas Utang di Indosiar. Skripsi Universitas Hasanuddin.
Kavanaugh, A., Fox, E. A., Sheetz, S., Yang, S., Li, L. T., Whalen, T., ... & Xie, L. (2011, June). Social Media use by Government: From the Routine to the Critical. In Proceedings of the 12th Annual International Digital Government Research Conference: Digital Government Innovation in Challenging Times (pp. 121-130).
Mijayanti, N. A. (2022). Strategi Kampanye Politik Partai Gerindra di Media Sosial Instagram (@ Gerindra) Pada Pemilu Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.
Situmeang, I. R. (2020). Konstruksi Komodifikasi Media Komunikasi untuk Kampanye Kesehatan di Instagram dalam Pencegahan Virus Corona Pada New Era Masyarakat 5.0:-. COMMED: Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 34-53.
Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018, September). Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Media Baru di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco pada Line Webtoon). In National Conference of Creative Industry.
Surahman, S., & Rully, R. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram@ salman_al_jugjawy. Nyimak: Journal of Communication, 3(1), 15-29.
Syafuddin, K., & Andreas, R. (2018). Komodifikasi Nasionalisme dalam Iklan Sirup. Proceeding of The URECOL, 245-258.
Syafaruddin, K., & Mahfiroh, N. M. (2020). Komodifikasi Nilai Islam dalam Fashion Muslim di Instagram. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 8-16.
Vincent Mosco, 2009, The Political Economy of Communication, London: Sage Publication
DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v7i1.1621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License