Analisis Komodifikasi Media Sosial Instagram terhadap Citra Partai Politik Menjelang Pemilihan Calon Presiden 2024

Moh. Ichsan, Astri Irawan, Yon Safira

Abstract


Media sosial Instagram sering digunakan oleh masyarakat. Kemunculan Instagram menimbulkan dinamika keterkaitan masyarakat dalam mengekspos informasi berdasarkan kepentingan pribadi atau golongan. Kehadiran Instagram seolah menjadi instrumen baru dalam dunia partai  politik. Anies Baswedan, Puan Maharani, dan Prabowo Subianto merupakan pengguna aktif Instagram dengan kaun milik pribadinya yang memanfaatkan Instagram sebagai penyebaran informasi dan sosialisasi. Pemanfaatan Instagram ini menimbulkan ketertarikan untuk diteliti melalui kajian komodifikasi berdasarkan teori Vincent Mosco. Tujuan penelitian ini yang menganalisis praktik komodifikasi dalam penggunaan sosial media Instagram menjelang pemilihan calon presiden 2024. Penelitian yang digunakan berjenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif eksplorasi guna memberikan gambaran mengenai praktik ekonomi politik komunikasi melalui akun Instagram Anies Baswedan, Puan Maharani, dan Prabowo yang mewakili partainya masing-masing berdasarkan komodifikasi isi (konten), audiens (khalayak), dan pekerja. Hasil penelitian menunjukkan adanya komodifikasi dalam postingan-postingan yang diunggah oleh ketiga kandidat tersebut di Instagram. Komodifikasi konten yang dilakukan oleh para kandidat dengan menampilkan informasi dan sosialisasi menjelang pemilihan calon presiden yang dilakukan secara berkesinambungan. Komodifikasi audiens dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh para kandidat dalam memanfaatkan Instagram sebagai media penyebar informasi yang paling cepat. Terakhir, komodifikasi pekerja dapat dilihat dari respon audiens yang menyukai ataupun tidak, memberikan komentar, bahkan meneruskan pesan atau informasi tersebut ke media sosial lainnya. Simpulan dalam penelitian ini yaitu proses komodifikasi dijalankan melalui konten, audiens, dan pekerja berdasarkan postingan-postingan Instagram ketiga kandidat tersebut.

Keywords


Komodifikasi, Instagram, Citra, Sosialisasi, Pemilihan, Calon Presiden

Full Text:

PDF

References


Adzani, D. M., & Jumino, J. (2020). Pemanfaatan Podcast dan Instagram oleh Komunitas Literatif sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(3), 327-342.

Arianti, R. T., & Purnama, H. (2018). Komodifikasi Kata Halal pada Iklan Hijab Zoya Versi Cantik Nyaman Halal. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(2), 160-169.

Akun Instagram Anies Baswedan, retrieved from https://www.instagram.com/ aniesbaswedan/

Akun Instagram Puan Maharani, retrieved from https://www.instagram.com/ puanmaharaniri/

Akun Instagram Prabowo Subianto, retrieved from https://www.instagram.com/ prabowo/

Gundecha, P., & Liu, H. (2012). Mining Social Media: a Brief Introduction. New Directions in Informatics, Optimization, Logistics, and Production, 1-17

Halim, S. (2021). Perayaan Varian Baru Komodifikasi dalam Program Mata Najwa di Media Lintas Platform. In Seminar Nasional Abdimas Dan Call Paper Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (pp. 403-410).

Hanifah, R., Hamdani, V. F., & Utari, A. S. (2021). Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Instagram (Studi Deskriptif Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco pada Instagram Anies Baswedan Terkait Covid-19). Jurnal Komunikatio, 7(1), 5-7.

Hasan, S. (2018). Komodifikasi Kemiskinan dalam Acara Reality Show Mikrofon Pelunas Utang di Indosiar. Skripsi Universitas Hasanuddin.

Kavanaugh, A., Fox, E. A., Sheetz, S., Yang, S., Li, L. T., Whalen, T., ... & Xie, L. (2011, June). Social Media use by Government: From the Routine to the Critical. In Proceedings of the 12th Annual International Digital Government Research Conference: Digital Government Innovation in Challenging Times (pp. 121-130).

Mijayanti, N. A. (2022). Strategi Kampanye Politik Partai Gerindra di Media Sosial Instagram (@ Gerindra) Pada Pemilu Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Situmeang, I. R. (2020). Konstruksi Komodifikasi Media Komunikasi untuk Kampanye Kesehatan di Instagram dalam Pencegahan Virus Corona Pada New Era Masyarakat 5.0:-. COMMED: Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 34-53.

Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018, September). Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Media Baru di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco pada Line Webtoon). In National Conference of Creative Industry.

Surahman, S., & Rully, R. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram@ salman_al_jugjawy. Nyimak: Journal of Communication, 3(1), 15-29.

Syafuddin, K., & Andreas, R. (2018). Komodifikasi Nasionalisme dalam Iklan Sirup. Proceeding of The URECOL, 245-258.

Syafaruddin, K., & Mahfiroh, N. M. (2020). Komodifikasi Nilai Islam dalam Fashion Muslim di Instagram. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 8-16.

Vincent Mosco, 2009, The Political Economy of Communication, London: Sage Publication




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v7i1.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics JSHP Visitor Stats

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JSHP) by Politeknik Negeri Balikpapan.