Strategi Pengembangan Agribisnis Belimbing Madu pada Kawasan Agropolitan Kota Banjar Provinsi Jawa Barat

Ella Ella Nurmawati, Abdul Mutolib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal agribisnis belimbing madu dan merumuskan strategi pengembangan agribisnis belimbing madu di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian dilaksanakan pada Februari - Maret 2022. Hasil penelitian memberika gambaran bahwa Kekuatan internal agribisnis belimbing madu terdiri dari enam faktor dengan tiga faktor yang memiliki bobot dna rating tertinggi meliputi : 1) Pendapatan usahatani belimbing madu yang tinggi, 2) Adanya pelatihan dan pembinaan dari pemerintah dan 3). Ketersediaan sarana produksi yang mudah diakses oleh petani.  Selanjutnya kelemahan agribisnis belimbing madu terdiri dari lima  faktor dengan tiga faktor yang memiliki bobot dna rating tertinggi meliputi: 1) Kurang tersedia tenaga kerja dalam agribisnis belimbing madu, 2)  SDM petani belimbing madu mayoritas masih rendah, dan 3) Kuantitas buah belimbing madu yang masih rendah.  Faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman agribisnis belimbing madu  meliputi 1) Perkembangan teknologi (internet/web) sebagai media promosi, 2) Potensi alam yang sangat sesuai untuk budidaya belimbing madu, 3) Permintaan belimbing madu yang semakin meningkat 4) Pasar yang masih terbuka, 5) Faktor perubahan iklim 6) Persaingan dengan buah lain dan 6) Semakin berkurangnya lahan pertanian.  Hasil analisis QSPM mengasilkan empat  strategi utama pengembangan agribisnis belimbing madu meliputi: 1) Penerapan SOP untuk pengoptimalan kapasitas produksi, 2) Melakukan intensifikasi pertanian utuk meningkatkan kualitas dan kuantitas buah belimbing madu, dan 3) Meningkatkan kompetensi SDM dan Penguatan Modal Meningkatkan kompetensi SDM dan Penguatan Modal.


Keywords


Strategi pengembangan, SWOT, QSPM, Belimbing Madu

Full Text:

PDF

References


Artiyanto, S. (2021). Pencapaian Pembangunan Jalan Lingkungan di Kota Banjar Diharapkan Dongkrak PAD. https://www.timesindonesia.co.id (diakses 16 Desember 2022)

Assidiki, H., Rochdiani, D., & Yusuf, MN. (2021). Analisis Keberlanjutan Usahatani Belimbing Madu di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8 (1) : 59-72.

Astuti, IP. (2017). Averrhoa bilimbi L., Averrhoa carambola L. forma acidis dan Averrhoa carambola L. forma dulcis: Belimbing Tua Koleksi Bersejarah Di Kebun Raya. Warta Kebun Raya, 15 (1), 19-24

Badan Pusat Statistik. (2021). Kota Banjar dalam Angka 2021. BPS Kota Banjar : Banjar.

Cucu. (2021). Gali Potensi Pertanian langensari Budidayakan Belimbing Madu. https://ceklissatu.com/news (diakses 14 Desember 2022).

David, FR. (2010). Manajemen Strategis Konsep (Terjemahan). Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta.

David, FR. (2016). Strategic Management : a competitive advantage approach, concepts. New Delhi : Pearson.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar. (2018). Rencana Strategis 2018 – 2023. DKPPP : Kota Banjar.

Direktorat Jendral Hortikultura. (2015). Rencana Strategis Direktorat Jendral Hortikultura 2015 – 2019. Dirjen Hortikultura : Jakarta.

Firdaus, M. (2008). Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara : Jakarta.

Humas Setda Kota Banjar. (2008). Walikota Canangkan Kampung Agro. https://banjarkota.go.id/berita- banjar (diakses 14 Desember 2022).

Kusmulyono., Setiawan, M., & Agustiawan, S. (2020). Aplikasi Strategi Bisnis untuk Pemula UMKM dan Mahasiswa. Prasetya Mulya Publishing : Jakarta.

Manik, FY., & Saragih, KS. (2017). Klasifikasi Belimbing Menggunakan Naïve Bayes Berdasarkan Fitur Warna RGB. Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems, 11 (1); 99-108

Prahasta, A. (2009). Agribisnis Belimbing. Pustaka Grafika : Bandung.

Saputra, PA., Syahrial., & Dermawan, A. (2022). Komoditas Unggulan dan Daya Saing Sektor Pertanian di Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), 31 (2): 53 - 59

Tangkebatu, Yohanis B. 2019. Teknis Budidaya Belimbing (Averrhoa Carambola).http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/85020/Teknis-Budidaya- Belimbing-averrhoa-Carambola/ (diakses 15 Desember 2022)




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v7i2.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics JSHP Visitor Stats

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JSHP) by Politeknik Negeri Balikpapan.