Karakteristik Muzakki Perempuan di Kota Medan Sebagai Pelaku Filantropi dalam Islam

Marlya Fatira AK Fatira AK

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik muzakki perempuan di kota Medan yang merupakan pelaku filantropi dalam islam. Topik ini diangkat disebabkan karena besarnya potensi kaum perempuan untuk melakukan penghimpunan dana dalam filantropi islam melalui zakat dan wakaf khususnya di kota Medan, namun, potensi ini belum dapat diraih secara maksimal disebabkan kaum perempuan kota Medan memiliki persepsi tidak tepat tentang filantropi dalam islam, hal ini dilatarbelakangi oleh pemahaman tentang filantropi dalam Islam yang masih rendah, serta rendahnya pemahaman kaum perempuan tentang hukum islam. Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menemukan karakteristik muzakki Perempuan di kota Medan sebagai pelaku filantropi dalam islam yang mau melakukan zakat produktif guna mensejahterakan masyarakat. Metode yang akan digunakan  dalam mencapai tujuan tersebut adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis faktor menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik muzakki perempuan di kota Medan sebagai pelaku filantropi dalam islam adalah kaum perempuan usia produktif 19-50 tahun, berpendidikan tinggi pada tingkat sarjana dan memiliki penghasilan antara Rp 1.500.000,00 sampai dengan Rp 3.000.000,00; memiliki kebiasaan menabung walau tidak rutin, bertatus menikah dan memiliki pengeluaran bulanan antara Rp 1-3 juta rupiah, faktor yang paling dominan mempengaruhi muzakki perempuan di Kota Medan melakukan filantropi dalam Islam adalah faktor penghasilan, pengeluaran dan usia, dikikuti faktor kedua yaitu tingkat pendidikan dan kebiasaan menabung, faktor ketiga oleh kondisi keagamaan serta faktor pekerjaan dan status pernikahan.

 



Keywords


karakteristik; wakif; perempuan; filantropi islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Haris. 2005. Filantropi Islam untuk keadilan sosial Persfektif Teologis dan Sosiologis Ulama Jambi dan Pengaruhnya terhadap masyarakat Jambi, PBB UIN jakarta.

Ali, Mohammad Daud. 1998. Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf. Jakarta: UI- Press.

Annisa, Ninik. 2012. Preferensi Filantropi Perempuan pada Nasyiatul Aisyiyah di Jawa Timur. Jurnal Indo-Islamika.Volume 1. No. 2. 2012/1433H. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta

Fatira, Marlya. 2015. Pengaruh citra lembaga wakaf dan pemahaman hukum Islam terhadap keinginan masyarakat kota Medan melakukan wakaf uang. Majalah Polimedia Volume 18. No. 4 November 2015. Politeknik Negeri Medan.

Fatira, Marlya. 2014. Persepsi masyarakat kota Medan tentang wakaf uang berdasarkan analisis binary logistic. Penelitian Dosen Politeknik Negeri Medan.

Latief, Hilman. 2010. Melayani Umat: Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Luthfiah, Zeni. 2011. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: MKU UNS.

Moleong, Lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardani. 2012. Fiqih Mu’amalah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uyun, Qurratul. 2015. Zakat, Ifaq, Shadaqah, dan Wakaf sebagai Konfigurasi Filantropi Islam. Jurnal Islamuna Volume 2 No. 2 Desember 2015. Stain Pamekasan.

Republik I. Departemen Agama. 2010. Al Quran dan terjemah. Bandung: Hilal.

Saprin. 2015. Pengentasan Kemiskinan Melalui Filantropi: Persfektif Islam dalam Pemberdayaan Zakat Maal. Mataram: Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Sigit, Santoso. 2003. Pengantar Metodologi Penelitian Sosial Bisnis Manajemen. Yogyakarta: FE UST.

Phihatna, Andi Agung. 2005. Filantrofi dan Keadilan Sosial di Indoneisa dalam Bamualim, Chaider S Bamualim dan Irfan Abubakar, Revitalisasi Filantrofi Islam: Studi Kasus Lembaga Zakat dan Wakaf di Indoneisa, Jakarta: PBB UIN Jakarta dan Ford Foundation.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat

Undang-undang No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf.

http://www.koransindo.com, diakses 8 Juni 2015

http://www.disdukcapil.pemkoMedan.go.id




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v1i1.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics JSHP Visitor Stats

 Creative Commons License

JSHP is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.