Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Sektor Pertambangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, struktur aset, tingkat pertumbuhan dan ukuran perusahaan terhadap keputusan struktur modal pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui teori Pecking Order. Teori Pecking Order lebih mengutamakan pendanaan secara internal daripada pendanaan secara eksternal. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 11 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dimana metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa secara bersama-sama profitabilitas, likuiditas, struktur aset, tingkat pertumbuhan dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan secara parsial variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal adalah profitabilitas dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel likuiditas, struktur aset dan tingkat pertumbuhan tidak signifikan mempengaruhi struktur modal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brigham, Eugene dan Joel F Houston.2011. Manajemen Keuangan, Jilid 2, Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.
Brealey, Richard A , Stewart C. Myers, dan Alan J. Marcus. 2007. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jilid 2. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Christianti, Ari. 2006. Penentuan Perilaku Kebijakan Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta : Hipotesis Static Trade Off Atau Pecking Order Theory. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang
Hadianto, Bram. 2008. Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Telekomunikasi Periode 2000 – 2006 : Sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order. Jurnal Manajemen, Vol.7 No.2
Hanafi, M.Mamduh dan Abdul, Halim. 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : PT. BPFE
Hartono, Jogiyanto. 2011. Teori Portofolio dan Analisis Investasi.Edisi 7. Yogyakarta: PT. BPFE
Jensen, Michael.C dan William H. Meckling. 1976. Theory of The Firm : Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics. Vol. 3. No.4. pp. 305 – 360
Lawrence, Gitman. 2000. Principle of Managerial Finance , Edisi 9. Addison-Weasley
Rachmawardani, Yulinda. 2007. Analisis Pengaruh Aspek Likuiditas, Risiko Bisnis, Profitabilitas, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi Empiris Pada Sektor Keuangan dan Perbankan di BEJ Tahun 2000-2005). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro
Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh.Yogyakarta : PT. BPFE
Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta : PT. BPFE
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabet, Bandung
-----------------, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Cetakan ke dua, Alfabet, Bandung
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta : Andi
Sutrisno. 2005. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonisi
Yuliati,Sri. 2011. Pengujian Pecking Order Theory : Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Industri Manufaktur Di BEI Periode Setelah Krisis Moneter. Jurnal Politeknosains Vol.X No.1
Wardianto, K Bagus,2013. “Pengujian Pecking Order Theory Pada Non-Bank Financial Institution (NBFIs) Di Indonesia”. Jurnal Perspektif Bisnis, Vol.1, Juni 2013
Weston, J.Fred dan Thomas E. Copeland. 1996. Manajemen Keuangan. Edisi 8.Jilid 2.Jakarta : Erlangga
DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v1i1.235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License