Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan : Studi Pengguna Mobil Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi
Abstract
The formulation of the research problem is whether product innovation effects purchase decisions, whether product innovation and purchase decisions affect customer loyalty. This study aims to examine the effect of product innovation on the purchase decision of Toyota Calya, and examines the effect of product innovation and purchasing decisions on customer loyalty. The population is the Toyota Calya’s customers in Bogor and Bekasi. The population is not known with certainty, therefore the sampling technique is done by accidental sampling technique in determining the number of samples. A total of 203 questionnaires were collected. Therefore, the sample in this study was 203 respondents. The data analysis method is Structural Equation Modeling. The results showed a significant influence on product innovation on purchasing decisions. Product innovation and purchasing decision also significantly influence customer loyalty. Purchasing decisions significantly mediate the effect of product innovation on customer loyalty. Innovations must still be made in order to maintain the loyalty of Toyota Calya car users in Bogor and Bekasi.
Keywords: Product innovation, purchasing decisions, and loyalty
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah inovasi produk mempengaruhi keputusan pembelian, dan apakah inovasi produk dan keputusan pembelian mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian toyota Calya, dan menguji pengaruh inovasi produkdan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan. Populasi penelitian adalah pengguna mobil merek Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi. Populasi tidak diketahui secara pasti,oleh karena itu teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dalam menentukan jumlah sampel. Kuisioner yang berhasil dikumpulkan sebanyak 203 kuisioner. Metode analisis data yang dipergunakan adalah Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara signfikan inovasi produk dengan keputusan pembelian. Variabel Inovasi produk dan keputusan pembelian jugasecara signifikanmempengaruhi loyalitas pelanggan. Keputusan pembelian secara signifikan memediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan.Inovasi harus tetap dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pengguna mobil Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi.
Kata Kunci :Inovasi produk, keputusan pembelian,dan loyalitas
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pproduk Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT.Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3553–3562. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21659
Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178
Aryoni, Eildine, A., & Muniroh, L. (2019). Pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas konsumen. In Jurnal Manager (Vol. 2). Retrieved from http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/Manager/index
Bobâlcă, C., Gătej(Bradu), C., & Ciobanu, O. (2012). Developing a Scale to Measure Customer Loyalty. Procedia Economics and Finance, 3(12), 623–628. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00205-5
Byrne, B. M. (2010). Structural Equation Modeling with AMOS. In Structural Equation Modeling with Amos Basic Concepts, Applications, and Programming (2nd ed.). https://doi.org/10.4324/9781410600219
Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602.
Ekasari, N., & Roza, S. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bisnis Pada Umkm Keripik Pisang Dharma Jaya. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 6(03), 147–225.
Hair, J. F. H., Hult, G. T., Ringle, C. M., & Sarstedt. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Los Angeles: Sage Publications.
Hendriko, R. (2018). Pengaruh kualitas produk dan keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan restoran. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(2), 67–74. https://doi.org/10.1080/01402390.2011.569130
Https://www.otosia.com/berita/20-mobil-terlaris-kln.html, diakses 17 mei 2019.
Https://otomotif.tempo.co/read/1194011/daihatsu-sigra-masih-menjadi-mobil-terlaris-adm-pada-maret-2019
Https://oto.detik.com/mobil/d-5023087/gegara-corona-avanza-bukan-lagi-mobil-paling-laku-di-indonesia
Https://www.gridoto.com/read/222165571/rapor-merah-penjualan-lcgc-selama-periode-april-2020-turun-hingga-92-persen
Istiyanto, B., Hendratmoko, C., & Mutmainah, H. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rental Mobil di Surakarta. Gema, XXVII(49), 1569–1581.
Junaedi. (2015). Loyalitas Pelanggan Pemasang Iklan Televisi dalam Acara Tembang Pantura. Yogyakarta : Deepublish.
Kadir, H. A., Syarifuddin, T., Rahman, A., & Andini, N. (2018). Pengaruh Faktor Gaya Hidup , kelas sosial dan kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Matic Mio Sporty di Kota Palu. Sinar Manajemen, 5(2), 112–117.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, 4th Edition. England: Pearson Education Limited.
Khairiyah, D., & Yunita, M. (2018). Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kualitas Dan Nilai Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Tvs Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 132–138. https://doi.org/10.37676/ekombis.v6i2.606
Rejeki, D. S., H, A. F. D., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing pada Keputusan Pembelian dan Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1), 86230.
Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53.
Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2010). A Beginner’s Guide to Structural Equation Modeling (3rd ed.). Taylor & Franciss Group.
Siregar, Z. M. E., & Lubis, J. (2017). Merit System in The Placement of Civil Servants and its Effect toward Performance of Sub-district Office in Labuhanbatu Region Nort Sumatera. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering PAPER, 180. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Siregar, Z. M. E., Suryana, Ahman, E., & Senen, S. H. (2019). Does knowledge management enhance innovation: A literature review. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1991–1994. Retrieved from http://www.ijstr.org/final-print/sep2019/Does-Knowledge-Management-Enhance-Innovation-A-Literature-Review.pdf
Soleha, M., & S, N. E. P. (2019). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Honda Mobilio. Jurnal Manajemen, 5(2), 34–41.
Sumarsih. (2019). Pengaruh inovasi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada produk Briket (CV. Arang Surabaya Campalagian Polman). Movere Journal, 1(2), 218–231.
Syafrizal, Makmur, & Seprini. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Konsumen di Showroom Sepeda Motor Bekas Reski di Pasir Jambu Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen UPP, 4(1), 110420.
Syamsuri, A. R., & Siregar, Z. M. E. (2018). Analisis Pelatihan, Disiplin Kerja, Remunerasi, dan Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Karyawan. JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(2), 95. https://doi.org/10.32487/jshp.v2i2.470
Tandia, A. T., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Karimun Wagon R AGS (Studi di Dealer United Motor Centre Jalan Ahmad Yani Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3), 241–247.
Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh relationship marketing, Keamanan, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online shop dan loyalitas konsumen sebagai variabel intervening studi kasus pada onlineshop “Numira” Semarang. Journal of Management, 2(2), 1–18. Retrieved from https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/558/543
Tumembouw, F. D., Mandey, S. L., & Loindong, S. (2019). Analisis kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mobil toyota agya di manado (Studi Kasus: PT Hasjrat Abadi ). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 481–490.
DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License