Keterampilan Komunikasi Interpersonal antar Mahasiswa dan Hubungannya dengan Capaian Prestasi Akademik

Emma Dwi Ariyani, Dini Hadiani

Abstract


Interpersonal communication patterns or it is commonly called as interpersonal communication is one of the soft skills that students should improve. The low ability of students’ interpersonal communication in a sense may cause problems since students must adapt to the academic environment which will eventually affect their academic achievement. This research is aimed at obtaining a description of the relationship between students’ interpersonal communication patterns with their academic achievement. The deductive method was applied by collecting data through a set of questionnaires which has been tested for its validity and reliability. The respondents of this research were 88 students of Politeknik Manufaktur Bandung. The data were tested using SPPS version 20. in which the correlation technique employed was product moment. The results obtained from testing the significant value table between the interpersonal communication skills and academic achievement variables show that there is a significant relationship between these two variables. This finding also indicates that the higher the increase of the students’ interpersonal communication skills, the higher their academic achievement will be. Further research can be developed by including other variables such as among others motivation, leadership, integrity, teamwork, lifelong learning, flexibility, and demography factors as the independent or mediator variable to get a more comprehensive result.  

Keywords: communication skill; interpersonal communication; students academic achievement

 

ABSTRAK

Pola komunikasi antar pribadi atau sering disebut komunikasi interpersonal merupakan salah satu soft skills yang perlu dikembangkan pada mahasiswa. Rendahnya keterampilan komunikasi  interpersonal pada mahasiswa sedikit banyak akan menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalan beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan yang pada akhirnya akan berpengaruh pada prestasinya.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang hubungan antara pola keterampilan komunikasi interpersonal antar mahasiswa dengan prestasi akademiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deduktif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang telah disusun dan dinyatakan valid dan reliabel untuk digunakan. Responden penelitian ini sebanyak 88 orang mahasiswa Politeknik Manufaktur Bandung. Pengujian data menggunakan SPSS versi 20 dimana teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil pengujian berdasarkan tabel nilai signifikansi antara variabel keterampilan komunikasi interpersonal dengan variabel prestasi akademik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel penelitian. Temuan penelitian ini juga mengindikasikan bahwa semakin meningkat keterampilan komunikasi interpersonal akan semakin meningkat pula prestasi akadenik mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan memasukkan variabel lain dalam penelitian seperti motivasi, kepemimpinan, integritas, kerjasama tim, keinginan untuk terus belajar, fleksibilitas dan faktor demografi sebagai variabel bebas ataupun variabel mediator, sehingga didapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Kata kunci :  keterampilan komunikasi, komunikasi interpersonal; prestasi akademik mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Amiruddin, M., dan Nor, M. 2014. Interpersonal Communication Skills among The Master’s Students in TVET. Developing Country Studies. Vol. 4 (16).

Anggeraini, D., dan Farozin, M. 2019. Interpersonal Communication Skills and Self Confidence of Secondary School Students: Findings and Interventions. Dipresentasikan dalam International Conference on Meaningful Education, KnE Social Sciences, pages 140–145. DOI 10.18502/kss.v3i17.4633

Ariyani, E. D. 2013. Studi Deskriptif mengenai Soft Skills pada Mahasiswa di Polman Bandung. Jurnal Sosiohumaniora, 15(2), pp. 151–157.

Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2019). Gender Differences in Students’ Interpersonal Communication. Responsible Education, Learning and Teaching in Emerging Economies, 1(2), 67-74. https://doi.org/10.26710/relate.v1i2.1125

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Betty, M. S., dan Meylanny, C. 2012. Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kuantitatif terhadap Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan Ilmu Komunikasi Institut Manajemen Telkom Bandung). Tugas Akhir. Bandung: Telkom University.

DeVito, J.A. 1997. Human Communication: The Basic Course. Longman Public Group.

DeVito, J.A. 2009. The Interpersonal Communication. America: Pearson education.

Effendy, Onong. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mahfud, T., Jati, B. K. &, & Mulyani, Y. (2017). Soft skill competency map for the apprenticeship programme in the Indonesian Balikpapan hospitality industry. In Journal of Technical Education and Training (Vol. 9). JTET.

Muflichah, Immawati. 2016. Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MIN Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol.1 (1), p 15-28.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pearson, J.C., Nelson, P.E., Titsworth, S., & Harter ,L. 2011. Human Communication (4𝑡ℎ ed). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Phulsunge. S., and Kalbonde V.N. 2019. Importance of Intrapersonal and Interpersonal Skills to make Work ReadyProfessionals. International Journal of Management, Technology, and Engineering. Vol IX. (I).

Qonita, U. 2014. Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Bakti Nusantara). Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sadikin, S., Ariyani, E.D.,& Muhammad, A. 2015. Studi Korelasi antara Nilai Soft Skills dengan Capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa di Politeknik Manufaktur Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 12 (3), p 371-382.

Sadikin, S., Ariyani, E.D., & Muhammad, A. 2016. Analisa Hasil Implementasi Model Pengukuran Soft Skills pada Mahasiswa Polman Bandung. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Hasil Penerapan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat III, Jakarta, Indonesia.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Visitor Stats

JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License