Strategi Persuasif Dalam Sales Promotion Dengan Media Outdoor Ad: Studi Kasus Bahasa Persuasif Pedagang Kaki Lima di Denpasar Selatan

Sri - Widiastutik, I Putu Bagus Arya Githa Wibawa, Indah Amalia Shofiana

Abstract


Creative and quality promotional strategies require interaction and communication in attractive language, so that the marketed product can be easily understood and accepted by community. Language has an important role in supporting marketing, especially in conveying information related to business products carried out through various media, such as outdoor advertising media which is widely used by small business actors. This study aims to describe the use of persuasive expressions in outdoor ads media such as hanging/roll banners by street traders (PKL) and describe the meaning of messages contained. This study used a field research of qualitative descriptive method by analysis the form of persuasive words/sentences on outdoor advertising media of street traders in the southern area of Denpasar as the research data. The technique of providing data was carried out by surveying the location of street traders in side of the road and storefronts, interviews and distribution of questionnaires. Furthermore, data collection in this study used the listening method with note-taking and documentation techniques. The data analysis method was used an extra lingual equivalent approach to classify the form of using persuasive language and the impact of the message contained in the hanging banner/standing banner. The results of this study was pointed out that ≥80% persuasive language promotion strategy in banner media has become the main strategy for PKL, efficiently persuasive language messages can quickly invite public appeal so that it is very likely to increase the purchasing power of potential consumers directly.

Keywords : persuasive language, media, outdoor advertising, street traders

 

Abstrak

Strategi promosi yang kreatif dan berkualitas perlu dilakukan interaksi dan komunikasi dengan bahasa yang menarik, supaya produk yang dipasarkan dapat mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat luas. Bahasa mempunyai peran penting dalam mendukung pemasaran, terutama dalam menyampaikan informasi terkait produk usaha yang dilakukan melalui berbagai media, seperti media outdoor advertising yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa persuasif yang tertulis pada media outdoor ad (spanduk/banner) oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) dan mendeskripsikan makna pesan yang terkandung pada bahasa persuasif dalam media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik penyediaan data dilakukan melalui survei lokasi PKL di pinggir jalan dan emperan toko, wawancara dan pendistribusian kuesioner di wilayah Denpasar Selatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik catat dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan, yaitu pendekatan padan ekstralingual untuk mengklasifikasikan wujud penggunaan bahasa persuasif dan dampak isi pesan yang terkandung dalam spanduk/banner. Hasil penelitian ini menunjukkah bahwa ≥80% strategi promosi bahasa persuasif pada media banner telah menjadi strategi utama bagi PKL, secara efisien pesan bahasa persuasif dapat dengan cepat mengundang daya tarik masyarakat sehingga sangat berpeluang meningkatkan daya beli calon konsumen secara langsung.

Kata kunci : bahasa persuasif, media, outdoor advertising, Pedagang Kaki Lima


Keywords


persuasive language; media; outdoor advertising; street traders

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Pelajar, 2008), hlm. 210.

Asmaunizar., dkk. 2020. Bisnis Iklan Media Cetak Dalam Mensejahterakan Karyawan. http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/peurawi. Jurnal Peurawi EISSN: 2598-6031 - ISSN: 2598-6023. Vol. III No. 1 Tahun 2020. DOI: 10.22373/jp

Boyd, Harper W. 2000. Manajemen Pemasaran: “suatu pendekatan strategisdengan orientasi global”, Jakarta: Erlangga.

Carita, Yohanna E., dkk. 2016. Kajian Visual Poster Profauna Indonesia Seri “Mencintai Mestinya Tidak Dikurung”. Jurnal: Dimensi DKV, Vol.1-No.2 Oktober 2016; h.2.ISSN : 25027425 e-ISSN : 25497766 DOI : -jurnaldimensidkv@trisakti.ac.id.

De Vito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia, Edisi Kelima. Jakarta: Karisma Publishing Group.

Effendi, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fajriannoor, Fanani. 2013. Semiotika Strukturalisme Saussure. Jurnal THE MESSENGER, Volume V, Nomor 1, Edisi Januari 2013.http://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/viewFile/142.https://doaj.org/toc/2527-2810.

Gitosudarmo. 2000. Manajemen Pemasaran. Cet ke-6. Yogyakarta: BPFE.

Handoko, Bagyo. 2010. Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai Bibit Entrepreneur Dalam Mengatasi Pengangguran. Jurnal: Econosains, vol. III no.2, Agustus 2010.

Hartono, Hendry. et. al. 2012. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dagang Menetapkan Alumni Dan Mahasiwa Universitas Bima Nusantara Sebagai Objek Penelitian”, Binus Business Review. Vol. 3 No. 2, November 2012.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Putri, Primadhany K. 2016. Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal THE MESSENGER, Volume VIII, Nomor 1, Edisi Januari 2016.Journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger.https://doaj.org/toc/2527-2810.

Swastha, Basu. 2007. Pengantar Bisnis Modern, Edisi ketiga, Cet ke-11, h.222. Yogyakarta:Liberty Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v5i1.965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web
Analytics JSHP Visitor Stats

 Creative Commons License

JSHP is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.