Perhitungan Lampu Penerangan Jalan Berbasis Solar System

Wahyu Anhar, Basri Basri, Mohamad Amin, Randis Randis, Totok Sulistyo

Abstract


Artikel ini disusun berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang pernah dilakukan di Pondok Pesantren Darun Nafi KM.34 Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan PKM yang dilakukan adalah pemasangan lampu penerangan jalan berbasis solar system. Proses perhitungan dan pengujian lampu penerangan jalan berbasis solar system akan dibahas di dalam artikel ini. Lampu penerangan jalan menggunakan lampu dc 12 Volt, panel surya 50 Wp, charge control 10 A, dan battery 65 Ah. Lampu penerangan jalan digunakan selama 12 jam.


Keywords


perhitungan, lampu penerangan jalan, solar system

Full Text:

PDF

References


Rencana Umum Energi Nasional, Lampiran I Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 22, 2017.

Suriadi dan M. Syukri, “Perencanaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpadu menggunakan software PVSYST pada Komplek Perumahan di Banda Aceh,” Jurnal Rekayasa Elektrik, vol. 9, no. 2, hal. 77-80, Oktober 2010.

N. S. Kumara, “Pembangkit listrik tenaga surya skala rumah tangga urban dan ketersediaannya di Indonesia,” Teknologi Elektro, vol. 9, no. 1, hal 68-75, Januari-Juni 2010.

V. R. Yandri, “Prospek pengembangan energi surya untuk kebutuhan listrik di Indonesia,” Jurnal Ilmu Fisika, vol. 4, no. 1, hal. 14-19, Maret 2012.




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v4i1.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats