Analisis Stabilitas Kapal Ikan Katamaran Daerah Perairan Kalimantan Timur
Abstract
This paper discusses fishermen who have modified fishing vessels to get a greater number of captures, so that the technical requirements of the ship are not met. Catamaran hull shape has a wider deck surface and has a good level of safety. The purpose of this study is to analyze the stability of fishing vessels when operating. The method used is ship basic data and optimization methods using maxsurf software. The results showed the stability curve area at a heeling of 0° - 30°, 0° - 40°, and 30° - 40°, there was a reduction in the area from loadcase 1 to loadcase 3. The actual GM is above the minimum GM while the actual maximum GZ value occurs above the 10° heeling. All variable values of catamaran hull ship stability value meet the criteria in accordance with IMO A. 749 chapter 3regulations and High Speed Craft 2000 annex 7 Multihull.
Key words : Stability, Loadcase, Fishing Vessels, Catamaran
ABSTRAKMakalah ini membahas tentang nelayan yang telah memodifikasi kapal ikan untuk mendapatkan jumlah tangkap yang lebih besar, sehingga persyaratan teknis kapal tidak terpenuhi. Bentuk lambung katamaran mempunyai permukaan deck yang lebih luas dan mempunyai tingkat keselamatan yang baik. Tujuan penelitian menganalisa stabilitas kapal ikan ketika beroperasi. Metode yang digunakan adalah ship basic data dan metode optimasi menggunakan software maxsurf. Hasil penelitian didapatkan area kurva stabilitas pada kemiringan 0°-30°, 0°-40°, dan 30°-40°, terjadi reduksi luasan dari loadcase 1 menuju loadcase 3. GM aktual berada di atas GM minimum sedangkan nilai GZ maksimum aktual terjadi di atas kemiringan 10°. Semua variabel nilai stabilitas kapal ikan lambung katamaran memenuhi kriteria sesuai regulasi IMO dan High Speed Craft 2000 annex 7 Multihull.
Kata kunci :Stabilitas, skenario pemuatan, Kapal Ikan, Katamaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ari, B. S., Eko Sasmito Hadi, Kajian Stabilitas Kapal Ikan type purse seine di Kabupaten Batang. Majalah Kapal Vol III no 1 Hal 10 – 16. 2006.
Ari Wibawa Budi Santosa, Wilma Amiruddin, dkk. "Studi Perancangan Kapal Pengangkut Ikan dari Kepulauan Seribu ke Jakarta". KAPAL volume 10 no. 3 Oktober 2013.
Eko Sasmito Hadi, Ari B. S, Studi Design Kapal ikan dengan menggunakan type lambung katamaran. Malajah Kapal Vol IV no 3 hal 156 – 165. 2007.
Fadillah, A., et.al. Stabilats, Hambatan dan Olah Gerak Kapal Ikan Multi Purpose Net/Line Hauler 20 GT Berdasarkan Kajian Ukuran dan Bentuk Kasko Kapal. Marine Fisheries Vol. 10, No. 2, Hal: 117-128. November 2019.Fisheries Vol. 10, No. 2, Hal: 117-128. November 2019.
Hadi, E., S., Perancangan Kapal Ikan Katamaran Dengan Penggerak Mesin dan Layar di Kabupaten Rembang Online available:https://media.neliti.com/media/publications/146361-ID-perancangan-kapal-ikan-katamaran-dengan.pdf
International Maritime Organization. Code On Stability For All Types Of Ships. International Maritime Organization. London. 2002.
International Maritime Organization, International Code on Intact Stability, 2008- Part A. 2008.
Mulyanto, R. B. et al. Pengenalan dan Pengukuran Bentuk Konstruksi Palka Ikan, BBPPI, Semarang. 2000.
Paroka D. Karakteristik Geometri dan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas Kapal Ferry Ro-Ro Indonesia. KAPAL Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan. 15 (1): 1-8. 2018.
Purwanto, Y., Aspek Keselamatan Ditinjau Dari Stabilitas Kapal dan Regulasi Pada Kapal Pole and Line di Bitung, Sulawesi Utara. Marine Fisheries Vol. 5, No. 2, November 2014 Hal: 181-191. 2014.
Rusmilyansari et. al. Pembangunan Kapal Perikanan di Galangan Kapal Tradisional Kalimantan Selatan. Fish Scientiae, Volume 4 Nomor 8, hal 95-96, Desember 2014.
Utomo, B. Pengaruh Ukuran Utama Kapal Terhadap Displacement Kapal. TEKNIK – Vol. 31 No. 1 Tahun 2010.
DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v6i2.865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JST (Jurnal Sains Terapan)
View My Stats