Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Menguji Kualitas Penyaringan Air Berbasis Arduino

Nur Yanti

Abstract


Pada era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sudah mencakup tidak hanya pada teknologi itu sendiri, melainkan juga mencakup bidang lainnya seperti lingkungan, dan lain-lain. Basis pemroses data yang digunakan adalah melalui Arduino dan Parameter yang digunakan adalah berdasarkan PERMENKES Nomor 32 Tahun 2017. Berdasarkan hasil pelatihan jaringan yang dilakukan dengan aplikasi MATLAB, jaringan mengenal pola data 97.61% yang dibuktikan dengan perbandingan target dengan keluaran jaringan. Air yang dianggap layak akan memunculkan indikator lampu berwarna hijau dan air yang dianggap tidak layak akan memunculkan indikator lampu berwarna merah disertai dengan karakter yang muncul pada LCD. Metode penyaringan 2 tahap yang telah dibuat berhasil mengurangi tingkat kekeruhan sebesar 38.39 NTU atau 0.08%, dan dapat menetralkan tingkat keasaman air dengan angka rata-rata 7.02 pH per sampel penyaringan.


Keywords


Arduino ; MATLAB ; Jaringan Syaraf Tiruan ; Penyaringan Air

Full Text:

PDF

References


Dyah Puspitaningrum. 2006. Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelegence: Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, Puji. 2016. Kertas Indikator Bunga Belimbing Wuluh (Averhhoa Bilimbi L) Untuk Uji Larutan Asam-Basa. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 1, Nomor 1: 69 - 83

Saputra, Akip. 2016. Skripsi : “Pengukur Kadar Keasaman dan Kekeruhan Air Berbasis Arduino”. Fakultas Teknik Elektro. Universitas Muhammadiyah. Surakarta

Romi Wiryadinata, dkk. 2005. Simulasi Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Metode Backpropagation Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC. Universitas Islam Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. ISBN: 979-756-061-6

Fausett, Laurent. 1994. Fundamentals of Neural Networks: Architecture, Algorithms and Applications. New Jersey: Prentice Hall.

Jong Jek Siang. Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunakan MATLAB, Andi Offset, Yogyakarta. 2005

_________. 2017. Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Hygiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus per Aqua dan Pemandian Umum. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sri Kusumadewi, Membangun Jaringan Syaraf Tiruan Menggunakan MATLAB dan Excel Link. Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.

Hans Kristianto, dkk. 2017. Penyediaan Air Bersih Masyarakat Sekitar Masjid Al-Ikhlas Desa Cukanggenten, Ciwidey dengan Penyaringan Air Sederhana: Universitas Gadjah Mada. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No.1.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v9i2.1242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats