ANALISIS UMUR KELELAHAN STRUKTUR RUANG MUAT KAPAL SPOB AKIBAT BEBAN SLOSHING

Amalia Ika Wulandari

Abstract


Kapal self-propeller oil barge (SPOB) yang merupakan jenis kapal khusus untuk mengangkut muatan minyak mentah yang memiliki penggerak sendiri yang dapat menekan biaya operasional dalam pendistribusian. Menurut  data dari International Energy Agency (IEA), pada tahun 2023 kebutuhan minyak dunia meningkat menjadi 100.4 juta barel. Karena peningkatan kebutuhan minyak dunia yang meningkat, maka proses eksplorasi dan eksploitasi juga ikut meningkat sehingga kapal ini juga pengoperasian pelayarannya meningkat. Selama pelayaran, kapal diharuskan mampu bertahan dikondisi beban muatan berulang yang terjadi selama pelayaran. Beban muatan berulang yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan kelelahan pada struktur kapal dan akan membahayakan kapal. Maka diperlukan analisis fatigue life terhadap konstruksi struktur kapal. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan beban muatan kapal dengan variasi 40%, 50%, 60%, dan 70% menggunakan metode elemen hingga. Hasil penelitian didapatkan nilai tegangan maksimal dari variasi beban muatan 70% adalah 117,08 MPa dengan fatigue life 38,57 tahun, beban muatan 60% adalah 114,74 Mpa dengan fatigue life 42,55 tahun, beban muatan 50% adalah 96,025 Mpa dengan fatigue life 80,28 tahun, dan beban muatan 40% adalah 96,01 Mpa dengan fatigue life 83,14 tahun.


Keywords


Elemen Hingga; Fatigue life; Sloshing; SPOB

Full Text:

PDF

References


H. B. Ju, B. S. Jang, J. Choi, K. H. Yim, Y. J. Yang, and S. Han, “Structural safety assessment procedure for membrane-type LNG CCS considering hydroelasticity effect,” Mar. Struct., vol. 78, no. December 2020, p. 102962, 2021, doi: 10.1016/j.marstruc.2021.102962.

Y. Ahn, Y. Kim, and S. Y. Kim, “Database of model-scale sloshing experiment for LNG tank and application of artificial neural network for sloshing load prediction,” Mar. Struct., vol. 66, no. March, pp. 66–82, 2019, doi: 10.1016/j.marstruc.2019.03.005.

M. Heinvee and K. Tabri, “A simplified method to predict grounding damage of double bottom tankers,” Mar. Struct., vol. 43, pp. 22–43, 2015, doi: 10.1016/j.marstruc.2015.04.002.

M. Riesner and O. el Moctar, “Assessment of wave induced higher order resonant vibrations of ships at forward speed,” J. Fluids Struct., vol. 103, p. 103262, 2021, doi: 10.1016/j.jfluidstructs.2021.103262.

K. Tabri, J. Broekhuijsen, J. Matusiak, and P. Varsta, “Analytical modelling of ship collision based on full-scale experiments,” Mar. Struct., vol. 22, no. 1, pp. 42–61, 2009, doi: 10.1016/j.marstruc.2008.06.002.

Q. Jin, X. Li, N. Sun, J. Zhou, and J. Guan, “Experimental and numerical study on tuned liquid dampers for controlling earthquake response of jacket offshore platform,” Mar. Struct., vol. 20, no. 4, pp. 238–254, 2007, doi: 10.1016/j.marstruc.2007.05.002.

I. R. J. Wulandari.A.I.; Rahmasari.N.W.D, Adnyani.L.P., Alamsyah, “Fatigue Analysis Of5000 GT Ferry Ro-Ro s Car Deck Using Finite Element Method,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut. (Kapal J. Mar. Sci. Technol., vol. 18, no. 3, pp. 160–170, 2021.

M. Z. Muis Alie, “Department of Naval Architect and Ocean Engineering, Faculty of Engineering, Hasanuddin University, Gowa 92172, Indonesia (Received: September 2015 / Revised: July 2016 / Accepted: September 2016),” Journal, Int. Archit. Nav. Eng. Ocean, pp. 1107–1116, 2016.

M. Riesner and O. el Moctar, “A numerical method to compute global resonant vibrations of ships at forward speed in oblique waves,” Appl. Ocean Res., vol. 108, no. June 2020, p. 102520, 2021, doi: 10.1016/j.apor.2020.102520.

M. Badshah, S. Badshah, and S. Jan, “Comparison of computational fluid dynamics and fluid structure interaction models for the performance prediction of tidal current turbines,” J. Ocean Eng. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 164–172, 2020, doi: 10.1016/j.joes.2019.10.001.

Baharuddin, Randis. "Struktural Dan Modal Analisis Pada Bilah Baling-Baling Quadcopter Dengan Bantuan Simulasi Komputer." JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) 9.2 (2021): 186-190.

H. Ullah, M. Hussain, N. Abbas, H. Ahmad, M. Amer, and M. Noman, “Numerical investigation of modal and fatigue performance of a horizontal axis tidal current turbine using fluid–structure interaction,” J. Ocean Eng. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 328–337, 2019, doi: 10.1016/j.joes.2019.05.008.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v10i2.1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats