Desain dan Implementasi Pengaturan Kecepatan Motor BLDC Dengan Metode FOC Menggunakan Fuzzy
Abstract
Motor BLDC banyak digunakan pada bidang otomotif dan industri. Karena memiliki efisiensi tinggi, torsi besar, dan perawatan mudah. Beberapa sistem penggerak yang menggunakan motor BLDC terkadang membutuhkan kecepatan motor yang konstan. Akan tetapi ketika diberi beban lebih maka kecepatan akan menurun. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pengaturan kecepatan motor agar kecepatan menjadi konstan walaupun diberi beban. Pada paper ini mengusulkan metode FOC dengan menggunakan fuzzy logic controller untuk menjaga performa dan efisiensi motor untuk penggunaan jangka panjang. Kelebihan dari metode yang diusulkan adalah ripple daya yang kecil dan efisiensi yang tinggi. Sistem ini disimulasikan dengan menggunakan MATLAB dan didapatkan hasil eror yang kecil terhadap setting point. hasil yang didapatkan dengan setting point terendah yakni 500 RPM memiliki eror 1.6 % dengan output kontroller sebesar 515 Rpm. Kenaikan step referensi RPM hingga nominal yakni 6000 RPM
Kata kunci : Back EMF; hall effect sensor; FOC
Keywords
Full Text:
PDFReferences
J. S. Park and K. D. Lee, “Online Advanced Angle Adjustment Method for Sinusoidal BLDC Motors with Misaligned Hall Sensors,” IEEE Trans. Power Electron., vol. 32, no. 11, pp. 8247–8253, 2017, doi: 10.1109/TPEL.2017.2694042.
E. Bostanci, Z. Neuschl, and R. Plikat, “Influence of Phase Magnetic Couplings on Phase Current Characteristics of Multiphase BLDC Machines with Overlapping Phase Windings,” IEEE Trans. Magn., vol. 51, no. 9, pp. 1–13, 2015, doi: 10.1109/TMAG. 2015.2430833.
Y. Wang, X. Zhang, X. Yuan, and G. Liu, “Position-sensorless hybrid sliding-mode control of electric vehicles with brushless DC motor,” IEEE Trans. Veh. Technol., vol. 60, no. 2, pp. 421–432, 2011, doi: 10.1109/TVT.2010.2100415.
P. P. Acarnley and J. F. Watson, “Review of position-sensorless operation of brushless permanent-magnet machines,” IEEE Trans. Ind. Electron., vol. 53, no. 2, pp. 352–362, 2006, doi: 10.1109/TIE. 2006.870868.
J. Shao, “An improved microcontroller-based sensorless brushless DC (BLDC) motor drive for automotive applications,” IEEE Trans. Ind. Appl., vol. 42, no. 5, pp. 1216–1221, 2006, doi: 10.1109/TIA. 2006.880888.
P. Bajec, B. Pevec, D. Voncina, D. Miljavec, and J. Nastran, “Extending the low-speed operation range of PM generator in automotive applications using novel AC-DC converter control,” IEEE Trans. Ind. Electron., vol. 52, no. 2, pp. 436–443, 2005, doi: 10.1109/TIE.2005.843912.
M. Mahmud, S. M. A. Motakabber, A. H. M. Zahirul Alam, and A. N. Nordin, “Adaptive PID Controller Using for Speed Control of the BLDC Motor,” IEEE Int. Conf. Semicond. Electron. Proceedings, ICSE, vol. 2020-July, pp. 168–171, 2020, doi: 10.1109/ICSE49846.2020.9166883.
J. S. Chiou, S. H. Tsai, and M. T. Liu, “A PSO-based adaptive fuzzy PID-controllers,” Simul. Model. Pract. Theory, vol. 26, pp. 49–59, 2012, doi: 10.1016/j.simpat.2012 .04.001.
Y. Qian, “Designing a fuzzy PID controller for brushless DC motor,” Adv. Mater. Res., vol. 588–589, pp. 1650–1653, 2012, doi: 10.4028/www.scientific.net/AMR.588-589. 1650.
J. B. Cao and B. G. Cao, “Fuzzy-logic-based sliding-mode controller design for position-sensorless electric vehicle,” IEEE Trans. Power Electron., vol. 24, no. 10, pp. 2368–2378, 2009, doi: 10.1109/TPEL.2009. 2020429.
S. Agustian, E. Purwanto, and O. Asrarul, “Pengaturan Kecepatan Motor Brushless Direct Current ( BLDC ) Dengan Vector Control,” no. April, pp. 8–16, 2021.
C. L. Huang, G. R. Chen, S. C. Yang, and Y. L. Hsu, “Comparison of High Speed Permanent Magnet Machine Sensorless Drive using Trapezoidal BLDC and Sinusoidal FOC under Insufficient PWM Frequency,” 2019 IEEE Energy Convers. Congr. Expo. ECCE 2019, pp. 321–325, 2019, doi: 10.1109/ECCE.2019.8912495.
DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v11i1.1524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:
|
|
|
|
|
|
|
|
|