Pengaruh Tingkat Kecepatan Putaran Spindel Bubut terhadap Pahat dan Permukaan Pada Baja ST41

Faisal - Manta, Hadhimas Dwi Haryono, Reihanda Fikri Wirayudha

Abstract


Dalam dunia permesinan tahapan manufaktur yaitu salah satunya pembubutan adalah suatu tindakan dalam menciptakan suatu  produk. Pada aktivitas pembubutan sering kali pengelolahan dilakukan pada bahan baku logam, khususnya pada baja ST 41. Pada pengolahan baja ST 41 tersebut dapat dimanfaatkan pada pembuatan poros untuk kendaraan serta untuk bahan konstruksi. Pada proses pembubutan kekasaran dijadikan sebagai kualitas produk dan pahat sebagai salah satu faktor penghasil dari suatu kualitas produk tersebut. Selain pada pahat, kecepatan spindel juga berperan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Pada dasarnya ada sebab dan akibat yang ditimbulkan dari kecepatan spindel yaitu pada penelitian ini dengan metode eksperimental yang digunakan pada penelitian ini menitikberatkan mengenai kerusakan pahat atau keausan pahat dan hasil dari kualitas produk itu sendiri yaitu nilai kekasaran permukaan. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kecepatan putaran spindel terhadap kerusakan pahat dan kekasaran pada permukaan Baja ST 41. Dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa tingginya kecepatan putaran spindel dapat memperbesar kerusakan pada pahat dan pada nilai kekasaran berbanding terbalik, yaitu dengan tingginya kecepatan putar menyebabkan kualitas produk yang baik, karena semakin rendah nilai kekasaran menandakan bahwa kualitas dari produk hasil bubut tersebut baik.


Keywords


bubut; kualitas; produk

Full Text:

PDF

References


P. Irawan, “Perancangan Dan Pengembangan Produk Jakarta,” Vol. 4, No. 3, 2017.

S. Jekki Dodi Parlindungan Sihombing, Robert Napitupulu, “Analisis Material Removal Rate (Mrr) Baja Skd 11 Pada Proses Cnc Turning Dengan Menggunakan Metode Taguchi,” Vol. 2, No. January, Pp. 978–979, 2012.

Johan, “Karakteristik Keausan Pahat Hss Pada Pemesinan Baja St 60,” Pp. 1–5, 2019.

M. Groover, “Fundementals Of Modern Manufacturing Materials,Processes And Systems,” John Wiley Sons, P. 493, 2010.

M. M. Selamat Riadi, Selamat Triono, Teknologi Pemesinan: Pembelajaran Terstruktur & Mandiri Bagi Mahasiswa. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

M. Nofri And A. Taryana, “Analisis Sifat Mekanik Baja Skd 61 Dengan Baja St 41 Dilakukan Hardening Dengan Variasi Temperatur,” Bina Tek., Vol. 13, No. 2, P. 189, 2017, Doi: 10.54378/Bt.V13i2.218.

Mohammad Farokhi, “Pengaruh Kecepatan Putar Spindle (Rpm) Dan Besar Sudut Pahat Pada Proses Pembubutan Terhadap Tingkat Kekasaran Benda Kerja Baja Ems 45 Menggunakan Mesin Cnc Skt 160 Lc,” Universitas Negeri Semarang, 2017.

Nugroho, “Analisa Pengaruh Kedalaman Potong Dan Waktu Proses,” Vol. 2, Pp. 71–78, 2019.

P. Siagian, “Korelasi Waktu Pemotongan Terhadap Kedalaman Potong Pqada Proses Bubut,” J. Tek. Nommensen, Vol. Volume Iv;, 2019.

W. & P. Raul, “Pengaruh Variasi Kecepatan Potong Dan Kedalaman Potong Pada Mesin Bubut Terhadap Tingkat Kekasaran Permukaan Benda Kerja St 41,” J. Tek. Mesin, Vol. 24, No. 1, Pp. 1–9, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v10i2.1527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats