Analisis Tahanan dan Biaya Material Kapal Perikanan Fiberglass Pada Perairan Kabupaten Buton Selatan

Azhar Aras Mubarak

Abstract


Pembuatan kapal nelayan berbahan fiberglass saat ini sedang mengalami perkembangan yang besar. Beberapa faktor yang menjadi keunggulannya adalah karena biaya yang dikeluarkan lebih murah, bahan material yang digunakan kuat dan awet, serta material yang digunakan dapat dengan mudah dijangkau. Saat ini, beberapa pengrajin kapal kayu lebih memilih untuk membuat kapal berbahan fiberglass sehingga produksi tetap bisa dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan desain dan kapasitas kapal yang cocok digunakan para kelompok nelayan pada skala kecil khususnya didaerah Kabupaten Buton Selatan dengan mempertimbangkan biaya pembuatan kapal dan penggunaan material fiberglass yang digunakan untuk membuat kapal nelayan yang diinginkan. Tersedianya data ukuran geometri kapal yang berasal dari rancangan desain kapal nelayan berdasarkan persepsi masyarakat setempat, kebutuhan masyarakat sertagambaran dan perhitungan tahanan kapal desain. Selain itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui data kebutuhan material yang digunakan dalam membuat kapal rancangan tersebut ketika kedepannya akan diproduksi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai tahanan desain kapal dengan menggunakan Aplikasi Maxsurf  khususnya Metode Holtrop didapatkan sebesar 1,13 kN, metode Van Oortmerse 2,14 kN, dan metode Fung sebesar 1,79 kN masing-masing pada kecepatan 10 Knot. Ukuran utama kapal yang direncanakan yakni Panjang =  9,1 m, Lebar = 1,2 m, Tinggi 0,9 m dan sarat = 0,4 m dengan biaya pembuatan sebesar Rp 24.566.500,00.

Full Text:

PDF

References


‘Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton. Kabupaten Buton Selatan dalam Angka 2021. Kabupaten Buton : Badan Pusat Statistik, 2021’.

B. Sudjasta and Y. Djaya, ‘Disain Kapal Penangkap Ikan 10 Gt Berbahan Fiberglass Untuk Wilayah Perairan Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang’, Bina Tek., vol. 11, no. 2, p. 193, Aug. 2017, doi: 10.54378/bt.v11i2.112. PANDEGLANG’, Bina Tek., vol. 11, no. 2, p. 193, Aug. 2017, doi: 10.54378/bt.v11i2.112.

W. Mustafa et al., ‘Pengayaan Keterampilan Pembangunan Perahu Kecil Fiberglass untuk Sarana Produksi Usaha Mikro Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Jeneponto’, J. TEPAT Appl. Technol. J. Community Engagem. Serv., vol. 2, no. 2, pp. 26–35, Dec. 2019, doi: 10.25042/jurnal_tepat.v2i2.92.

S. Sulasminingsih, B. A. Setyawan, and A. Marasabessy, ‘Studi Ekonomi Teknik Pembuatan Perahu Cadik Jenis Bottom Glass Dari Bahan Fiber Glass Untuk Wisata Bahari Di Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten’, Bina Tek., vol. 13,no.2,p.205,Dec.2017,doi:10.54378/bt.v13i2.224.

D. Dhimas,''Desain Kapal Penangkap dan Pengolah Ikan Berbasis Optimisasi Biaya Operasional Kapal Untuk Wilayah Perairan Pasuruan". Thesis.

I. M. Apriliani, L. P. Dewanti, and I. Zidni, ‘Karakteristik Dimensi Utama Kapal Perikanan Pukat Pantai (Beach Seine) di Pangandaran’, J. Airaha, vol. 6, no. 2, pp. 048–053, Dec. 2017, doi: 10.15578/ja.v6i2.65.

O. Metekohy, ‘Kajian Desain Kapal Pukat Cincin Yang Berpangkalan Di Pusat Pendaratan Ikan ( PPI ) Desa Eri Kota Madya Ambon’, vol. 15, no. 1, p. 8.Februari.2021.

P.Virliani and C. S. Mintarso, ‘Pengembangan Kapal Ikan Kelas 30 GT Daerah Pantai Selatan Jawa Timur’, Wave J. Ilm. Teknol. Marit., vol. 5, no. 1, pp. 27–31, Feb.2019,doi: 10.29122/jurnalwave.v5i1.3357.

Rosdianto, 'Study Analisis Stabilitas Statis Kapal Long Line di Kalimantan Selatan', Jurnal Pertanian Terpadu, Jilid. 1 No. 2, 2013.

N. H. Syahwati, B. Santoso, And M. Helmi, ‘Perhitungan Teknis Dan Ekonomi Pembangunan Kapal Ikan 3gt Konstruksi Frp Metode Hand Lay Up"’in Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT) Politeknik Negeri Bengkalis,hlm. 652-74.

R. D. Atmajayani, ‘Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat’, Briliant J. Ris. Dan Konseptual, vol. 3, no. 2, p. 184, May 2018, doi: 10.28926/briliant.v3i2.174

B. Santoso, ‘Optimasi Panjang Cadik Kapal Nelayan 3 Gt’, J. IPTEK, vol. 21, no. 1, p. 11, May,2017,doi:10.31284/j.iptek.2017.v21i1.45.

E. Sugianto and A. Winarno, ‘Computational Model Tahanan Kapal Untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664 Dwt’, J. Kelaut. Indones. J. Mar. Sci. Technol., vol. 10, no. 2, p. 168, Feb. 2018, doi: 10.21107/jk.v10i2.3411.

H. C. Ririmasse, ‘Analisa Perubahan Bentuk Kapal Terhadap Kecepatan Transportasi Kapal Laut Akibat Perubahan Ukuran Pokok'’Jurnal Teknologi vol.11 no.2, 2014, p. 7.

A. Fadillah, S. Manullang, and R. Irvana, ‘Stabilitas, Hambatan Dan Olah Gerak Kapal Ikan Multi Purpose Net/Line Hauler 20 Gt Berdasarkan Kajian Ukuran Dan Bentuk Kasko Kapal’, Mar. Fish. J. Mar. Fish. Technol. Manag., vol. 10, no. 2, pp. 117–128, Nov. 2019, doi: 10.29244/jmf.v10i2.29313.

Zulfadli, "Prediksi Tahanan Model Kapal Perikanan Menggunakan Aplikasi Maxsurf Dan Delftship Dengan Variabel Kecepatan Pada Peralatan Uji Tarik". Thesis.

F. Laamena and A. Taihutu, ‘Kajian Optimasi Ukuran Kapal Tradisonal dan Perhitungan Hambatannya’, J. Tek. Mesin Elektro Inform. Kelaut. Dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 17–22, Nov. 2021, doi: 10.30598/metiks.2021.1.1.17-22.

B. Santoso and M. Ikhsan, ‘Pengaruh Penambahan Fin Pada Lambung Kapal Ikan Tradisional’, J. Inovtek Politeknik Bengkalis vol. 07, no. 2, p. 7, 2017.

S. Sarwoko and B. Santoso, ‘Computational Tahanan Kapal Untuk Menentukan Daya Mesin Utama Kapal Ikan 5 GT’, J. Rekayasa Mesin, vol. 14, no. 1, p. 23, Apr. 2019, doi: 10.32497/rm.v14i1.1450.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v10i2.1569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats