Rancang Bangun Prototipe Kapal Elektrik Dengan Sistem Kendali Jarak Jauh
Abstract
Sejalan dengan penguatan untuk pengawasan wilayah yang sangat luas serta terdiri atas pulau – pulau, diperlukan media transportasi perairan dengan dilengkapi sistem peralatan yang mampu mengatasi segala bentuk ancaman maupun gangguan yang dapat terjadi setiap saat. Untuk memenuhi upaya tersebut maka dilakukan penelitian dan pengembangan prototipe kapal listrik yang tahan di segala medan. Dalam pembuatan prototipe kapal listrik ini menggunakan sistem penggerak elektrik. Sistem penggeraknya menggunakan Motor DC Brushless dengan sumber tenaga dari baterai. Energi listrik ini dapat menjadi alternatif pengganti energi fosil. Sistem kendali pada prototipe kapal listrik ini menggunakan sistem kendali jarak jauh. Proses pengukuran kecepatan kapal dilakukan dengan menggunakan bantuan sensor Accelerometer dan GPS pada smartphone. Kedua sensor ini di akses dengan menggunakan aplikasi NMEA Tools. Prototipe kapal listrik berhasil dikendalikan dari jarak jauh dengan uji garis lurus sejauh 50 meter pengukuran mencapai kecepatan rata-rata 23,16 Knot, uji gerak zigzag lintasan berukuran panjang 16.910 meter penguuran kecepatan rata-rata 3.1 Knots, dan uji gerak melingkar dengan radius putar adalah 2.638 meter dengan rata rata kecepatan kapal 4.25 Knots.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 1996 Tentang Perairan Indonesia.
Hasanudin, A. H. Muhammad, M. A. Budiyanto, H. Yudo, I. P. S. Asmara, and R. B. Luhulima, Pedoman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2021. 2021.
C. Wiratama, “Tipe – tipe Model Hull Aeroengineering,” http://www.aeroengineering.co.id, 2018. http://www.aeroengineering.co.id/2018/12/tipe-tipe-model-hull/
S. Sunardi and R. S. Pamungkas, “Studi Kapal Kecil Dengan Tenaga Penggerak Listrik Untuk Pengawasan Kawasan Konservasi Sungai,” J. Kelaut. Indones. J. Mar. Sci. Technol., vol. 12, no. 1, p. 1, Jul. 2019, doi: 10.21107/jk.v12i1.4716.
S. W. Satoto, N. Yuniarsih, H. Saputra, M. F. Muvariz, N. A. Prasetyo, and N. Pamungkas, “KARAKTERISTIK LAMBUNG KAPAL GURINDAM FUEL ENGINE POLITEKNIK NEGERI BATAM,” J. Teknol. dan Ris. Terap., vol. 3, no. 1, 2021.
A. W. Aditya, I. Ihsan, R. M. Utomo, and H. Hilmansyah, “Evaluasi Motor Listrik Sebagai Penggerak Mobil Listrik,” JRST (Jurnal Ris. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 55, 2019, doi: 10.30595/jrst.v3i2.4424.
M. H. A. AS-SALAF and SYAHRIAL, “Simulasi Pengaturan Kecepatan Motor BLDC menggunakan Software PSIM,” Multimed. Artif. Intell. Netw. Database, vol. 6, no. 1, pp. 103–117, 2021.
M. Arifin, D. Faturachman, and F. Octaviani, “Analisa Pengaruh Perubahan Pitch Ratio dan Jumlah Blade Terhadap Kavitasi Pada Controllable Pitch Propeller (CPP),” J. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Darma Persada, vol. 9, no. 2, pp. 63–74, 2019.
A. Atthari, “Sistem Tracking Position Berdasarkan Titik Koordinat GPS Menggunakan Smartphone,” J. Infomedia, vol. 2, no. 1, pp. 25–29, 2017, doi: 10.30811/.v2i1.464.
DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v11i1.1571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:
|
|
|
|
|
|
|
|
|