Rancang Bangun Alat Monitoring Penggunaan Daya Listrik Gedung Terpadu Politeknik Negeri Balikpapan Menggunakan Arduino Berbasis Internet of Things

Hilmansyah Hilmansyah, Angga Wahyu Aditya (SCOPUS ID 57205442066), Firman Ari Laksono

Abstract


Dalam pemanfaatannya, daya listrik merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai sumber daya ekonomi yang dibutuhkan dalam berbagai kegiatan.  Penggunaan daya listrik yang berlebihan dan tidak efisien akan meningkatkan biaya penggunaan daya listrik, oleh karena itu perlu adanya program pemantauan penggunaan daya listrik. Oleh karena itu pula dirancang alat yang dapat mempermudah melakukan aktivitas pemantauan daya listrik. Pengumpulan data penggunaan daya listrik ini dilakukan menggunakan Power Meter PM2120 yang diletakan terhubung dengan panel distribusi utama di gedung tersebut. Untuk memudahkan pengumpulan data digunakan tambahan alat komunikasi serial berbasis Internet of Things berupa mikrokontroler Arduino Uno dan Ethernet Shield yang dapat terhubung dengan jaringan internet dan terintergritas ke dalam Website agar data hasil pemantauan daya litrik dapat ditampilkan ke dalam Website. Berdasarkan hasil pengujian alat pemantauan penggunaan daya listrik ini dapat terhubung secara online dan real time, serta dapat dipantau secara jarak jauh dengan menggunakan Website Blynk. Penggunaan daya listrik dalam sehari pada Gedung Terpadu terpantau untuk daya aktif sebesar 17 kW sampai dengan 42.04 kW sedangkan untuk daya reaktive 0,4 kVAR sampai dengan 5 kVAR dan untuk daya semu 17 kVA sampai dengan 43 kVA. Peningkatan penggunaan daya listrik terjadi dimulai pukul 06:00 WITA sampai pukul 18:00 WITA hal ini disebabkan terdapat aktivitas perkuliahan di Gedung Terpadu pada Politeknik Negeri Balikpapan.


Keywords


IoT; Power Meter; Monitoring Daya Listrik

Full Text:

PDF

References


E. Hilmawan, I. Fitriana, A. Sugiyono and A. , Outlook Energi Indonesia 2021 Perspektif Teknologi Energi Indonesia: Tenaga Surya untuk Penyediaan Energi Charging Station, Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), 2021.

A. R. Agusta, J. Andjarwirawan and R. Lim, "Internet of things dalam pengertian secara luas membuat semua Kelembaban Udara Pada Budidaya Jamur," INFRA, vol. 7, no. 2, pp. 95-100, 2019.

R. Kurniawan, "PERANCANGAN ALAT MONITORING ARUS PADA CIRCUIT BREAKER DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ACS712 DAN TAMPILAN LCD," Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 12-17, 2018.

R. A. Dalimunthe, "PEMANTAU ARUS LISTRIK BERBASIS ALARM DENGAN SENSOR ARUS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO," in Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018, Asahan, 2018.

R. N. Amalia, H. M. K. and R. Wicaksono, "Desain Peralatan Monitoring Penggunaan Energi Listrik Menggunakan Power Meter Dan Software Movicon 11.3 Di PT Mannasatria Kusumajaya Perkasa," ELPOSYS, vol. 7, no. 1, pp. 49-54, 2020.

I. S. Hudan and T. Rijianto, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Listrik Pada Kamar Kos Berbasis Internet Of Things (IOT)," JURNAL TEKNIK ELEKTRO, vol. 8, no. 1, pp. 91-99, 2019.

D. A. Putra and R. Mukhaiyar, "Monitoring Daya Listrik Secara Real Time," Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 8, no. 2, pp. 26-34, 2020.

F. A. Noor, H. Ananta and S. Sunardiyo, "Pengaruh Penambahan Kapasitor Terhadap Tegangan, Arus, Faktor Daya, dan Daya Aktif pada Beban Listrik di Minimarket," JURNAL TEKNIK ELEKTRO, vol. 9, no. 2, pp. 66-73, 2017.

F. R. A. Bukit, K. A. Syahputra and S. Suherman, "PERANCANGAN HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) SEBAGAI PENGONTROL DAN PENDETEKSI DINI KERUSAKAN KAPASITOR BANK BERBASIS PLC," JEEE, vol. 3, no. 2, pp. 101-109, 2022.

D. Setiawan, "SISTEM KONTROL MOTOR DC MENGGUNAKAN PWM ARDUINO BERBASIS ANDROID SYSTEM," JURNAL SAINS, TEKNOLOGI DAN INDUSTRI, vol. 15, no. 1, pp. 7-14, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v10i2.1584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats