Implementasi Accelarated Learning Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis Video Web

Nurjayadi Nurjayadi

Abstract


Abstract

In college, education systems is normally done with conventional lecture which sometimes still has many weaknesses. So it is needed another study model which is tailored to needs on the college to improve learning outcomes. One model of learning was the implementation of an online learning where the learning process will be effective for practice and feedback is integrated with the material given in class. Generally, this research aims to create a web-based video application to support teaching and learning activities at campus STMIK Amik Riau. The specific objectives to be achieved is to improve student learning outcomes and facilitate the lecturer to monitor practicum implementation which is not guided by lecturers to apply Accelarated Learning Model. The study is planned start from planning, system analysis, system design, and program codes to implement the system based on the SDLC (System Development Life Cycle) method. To build this application required a web-based software programming. Expected outcomes of this research is a web video application to support the implementation of the lectures primarily on lab courses in STMIK-AMIK Riau.

 Keywords: web video, accelarated learning, achievement

 

Abstrak

Pada perguruan tinggi sistem perkuliahan pada umumnya dilaksanakan dengan kuliah mimbar (konvensional), yang terkadang masih banyak kelemahan. Sehingga perlu model pembelajaran lain disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah penerapan pembelajaran secara online. Dimana proses pembelajaran akan berjalan efektif karena latihan dan umpan balik diintegrasikan dengan materi yang diberikan di kelas. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah apliasi web video untuk  mendukung kegiatan proses belajar mengajar pada kampus STMIK Amik Riau. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan memudahkan pemantauan dosen yang dalam pelaksanaan praktikum tidak di dampingi oleh dosen pengampu guna menerapkan Accelarated Learning Model. Penelitian direncanakan mulai dari perencanaan, analisa system, perancangan system, coding, Implementasi sistem dengan berpedoman pada metoda SDLC (System Development Life Cycle). Untuk membangun aplikasi ini dibutuhkan software aplikasi pemrograman berbasis web. Luaran yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi web video untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan terutama pada matakuliah praktikum pada STMIK-AMIK Riau.

 Kata kunci: web video, accelarated learning, prestasi

 


Keywords


web video; accelarated learning

Full Text:

PDF

References


Taufik, Husna. Penerapan Model Pembelajaran Accelarated Learning Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dewantara pada Konsep Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Almuslim. ISSN : 2338-7394. 2013.

Azhar. Sistem Informasi Akuntansi : Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Bandung. Lingga Jaya. 2004

Colin, Malcolm. Accelerated Learning For the 21 st century. London. 1997.

Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara. 2008.

Baharuddin, Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media Group. 2007.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v5i1.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats