Analisis Kinerja Ruas Jalan di Jalan Marsma R. Iswahyudi, Kelurahan Sepinggan dan Alternatifnya dengan Pendekatan Mikroskopis

Priyo Wibisono, Felly Alviazizah, Muhammad Hadid

Abstract


Kemacetan di Jalan Marsma R. Iswahyudi, Kota Balikpapan terjadi akibat hambatan samping yaitu kendaraan berhenti, parkir on-street, dan perdagangan di pinggir jalan, sehingga mengakibatkan kecepatan perjalanan menjadi turun dari ketetapan pada arteri primer yakni 60 km/jam. Evaluasi jalan perlu dilakukan guna mengetahui situasi lalu lintas eksisting dan kinerjanya, kemudian menetapkan alternatif optimum untuk menangani masalah kemacetan. Survei utama yaitu mencari volume, kecepatan, dan frekuensi hambatan samping pukul 06.30-09.30, 11.00-14.00, 16.00-19.00, dan 19.00-22.00 di hari Senin, Selasa, Sabtu, dan Minggu. Lalu lintas dimodelkan secara mikroskopis dengan PTV Vissim dan digambarkan dalam tingkat pelayanan jalan PM Nomor 96 Tahun 2015. Hasil data menunjukkan volume puncak hari Senin pagi yaitu 6455 kend/jam, Selasa pagi 5906 kend/jam, Sabtu sore 4315 kend/jam, dan Minggu sore 3902 kend/jam. Hambatan samping di keempat hari berada di kelas sangat tinggi. Permodelan yang telah divalidasi uji GEH menyatakan kecepatan eksisting arah ke bandara 31,55 km/jam dan arah ke Batakan 30,17 km/jam dan kategori tingkat pelayanan jalan E. Panjang antrian yaitu arah bandara 2,49 meter dan arah ke Batakan 7,11 meter. Analisis alternatif optimum untuk meningkatkan kinerja lalu lintas adalah pembatasan akses u-turn untuk roda dua (MC) pada hari Sabtu dengan kenaikan kecepatan 0,19% dan penurunan antrian 9,43%.

Keywords


Kinerja lalu lintas; mikroskopik; rekayasa lalu lintas; PTV Vissim

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Indonesia, 2023.

F. Jansen dan T. K. Sendow, “Analisa Hambatan Samping dan Manajemen Lalulintas Ruas Jalan,” J. Ilm. Media Eng., vol. 7, no. 3, hal. 803–810, 2017.

A. C. Anwar, R. Mudiyono, dan Soedarsono, “Evaluasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di Central Business District,” J. Manaj. Transp. Logistik, vol. 9, no. 2, hal. 139, 2023.

D. S. Hormansyah, V. Sugiarto, dan E. L. Amalia, “PENGGUNAAN VISSIM MODEL PADA JALUR LALU LINTAS EMPAT RUAS,” J. Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, hal. 57–67, 2016.

N. Lupitasari dan S. W. Mudjanarko, “Evaluasi Kinerja Jalan Arteri Primer JL. Soekarno Hatta – JL. Panglima Sudirman Kota Probolinggo,” E-Journal Spirit Pro Patria, vol. 1, no. April, hal. 25–36, 2015.

A. Maulana, A. Sandhyavitri, dan M. Ikhsan, “Strategi Penanganan Lalu Lintas Pada Kawasan Central Business District (Cbd) Di Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendekatan Teknis,” Racic Rab Constr. Res., vol. 6, no. 1, hal. 1–11, 2021.

R. Mudiyono dan N. Anindyawati, “Analisis Kinerja Jalan Majapahit Kota Semarang (Studi Kasus: Segmen Jalan Depan Kantor Pegadaian Sampai Jembatan Tol Gayamsari),” Pros. Semin. Nas. Inov. Dalam Pengemb. SmartCity, vol. 1, no. 1, hal. 345–354, 2017.

J. Manongko, L. I. R. Lefrandt, dan M. Kumaat, “Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Depan Bahu Mall Manado),” J. Sipil Statik, vol. 8, no. 6, hal. 893–900, 2020.

N. Irenita, A. A. Suryobuwono, T. Herdian, V. M. Purnomo, R. Max, dan D. Gugat, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Puncak (Taman Safari-Gunung Mas) Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Dengan Menggunakan Software PTV Vissim,” J. Sist. Transp. Logistik, vol. 2, no. 1, hal. 7–13, 2022.

M. Fikri dkk., “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Pasar Tradisional Perkotaan (Kasus: Pasar Pannampu Kota Makassar),” JILMATEKS J. Ilm. Mhs. Tek. Sipil, vol. 5, hal. 2655–7266, 2023.

I. Khamdani dan F. A. Putri, “Analisis Hambatan Samping Terhadap Aktivitas Pasar Tradisonal Pada Ruas Jalan Pangeran Senopati Kabupaten Lampung Selatan,” JUMATISI J. Mhs. Tek. Sipil, vol. 4, no. 2, hal. 332–348, 2023.

C. Cintya dan N. B. Prihutomo, “Analisis Kinerja U-turn (Putar Balik) Di Ruas Jalan Transyogi Cibubur,” Semin. Nas. Tek. Sipil Politek. Negeri Jakarta, 2021, hal. 2715–5668, 2021.

A. Syahril dan I. H. Puspito, “Analisis Pengaruh Aktivitas U-turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Raya Bogor Km.19 Kota Jakarta Timur,” J. ARTESIS, vol. 2, no. 2, hal. 147–152, 2022.

P. J. Romadhona dan D. Prasetyo, “Dampak Parkir On Street Pada Fasilitas Bukaan Median (U-turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 18, no. 2, hal. 357–364, 2020.

M. A. R. Abdeen, S. Farrag, M. Benaida, T. Sheltami, dan Y. El-hansali, “VISSIM calibration and validation of urban traffic : a case study Al ‑ Madinah City,” Pers. Ubiquitous Comput., no. October, 2023.

R. Mardiati, “Studi Tentang Pemodelan Arus Lalu Lintas,” Jur. Tek. Elektro, vol. VIII, no. 2, hal. 177–198, 2014.

M. J. Pakpahan dan B. H. Susilo, “STUDI WAKTU PERJALANAN DAN TUNDAAN DENGAN APLIKASI VISSIM PADA RUAS JALAN A.H. NASUTION,” J. Tek. Sipil, vol. 17, no. 2, hal. 88–183, 2021.

H. Setiawan dan B. Witjaksana, “ANALISIS DAN EVALUASI KINERJA RUAS JALAN KH. MUKMIN DI KABUPATEN SIDOARJO DENGAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997,” JSpTS (Jurnal Spes. Tek. Sipil), vol. 2, no. 1, 2021.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Indonesia, 2015, hal. 1–45.

H. Halim, I. Mustari, dan A. Zakariah, “Analisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim (Studi Kasus : Jalan Masjid Raya di Kota Makassar),” J. Manaj. Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 3, no. 2, hal. 99–108, 2019.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v13i2.2344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats