Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Domain Plan And Organise Menggunakan Framework Cobit 4.1

Erick Sorongan

Abstract


Tata kelola teknologi informasi merupakan bagian penting dari organisasi yang memanfaatkan TI untuk mendukung pencapaian strategis dan tujuan bisnis organisasi. Dibutuhkan berbagai kegiatan pengaturan dan pengendalian yang baik sehingga meningkatkan efisiensi pengorganisasian TI. Selama ini belum pernah dilakukan kegiatan evaluasi dengan cara menganalisis pelaksanaan tata kelola TI di Politeknik Negeri Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengendalian proses TI saat ini dengan cara menganalisis pelaksanaan tata kelola TI di Politeknik Negeri Balikpapan supaya bisa digunakan dalam mengembangkan TI di Organisasi.

Metode penelitian yang dilakukan melalui beberapa tahapan, dimulai dengan pemilihan proses TI yang akan dianalisis kemudian dilakukan pengumpulan data dalam bentuk kuesioner maturity model yang bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan pelaksanaan tata kelola TI saat ini dan dianalisis tingkat kematangan yang ingin dicapai. Dari hasil kedua analisis tersebut akan menghasilkan gap atau kesenjangan yang selanjutnya diberikan rekomendasi peningkatan untuk menutup gap tersebut. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 4.1 yang terdiri atas 4 domain utama dengan total keseluruhan proses TI sebanyak 38 proses.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tata kelola TI secara keseluruhan di Poltekba pada domain PO proses TI yang diteliti berada pada tingkat 3-Defined atau menurut COBIT organisasi telah memiliki mekanisme dan prosedur yang jelas mengenai tata cara dan manajemen proses investasi teknologi informasi dan telah terkomunikasikan serta tersosialisasikan dengan baik di seluruh jajaran manajemen organisasi.


Keywords


tata kelola TI, IT Governance, framework COBIT, COBIT 4.1

Full Text:

PDF

References


J. Peppard and J. Ward, “Beyond strategic information systems : towards an IS capability,” vol. 13, pp. 167–194, 2004.

H. Yeop, S. H. Jung, and Y. Ki, “The Effect of Improving IT Standard in IT Governance,” in CIMCA-IAWTIC’06, 2006.

K. Maes, S. De Haes, and W. Van Grembergen, “How IT Enabled Investments Bring Value to the Business : A Literature Review,” in 2011 44th Hawaii International Conference on System Sciences, 2011, pp. 1–10.

ITGI, Management Guidelines, 3rd ed. COBIT Steering Committee and the IT Governance Institue, 2000.

A. Pederiva, “The COBIT Maturity Model in a Vendor Evaluation Case,” Inf. Syst. Control J., vol. 3, 2003.

H. Sulistyoningsih, “Audit Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Jakarta Menggunakan COBIT Framework,” Universitas Gadjah Mada, 2011.

E. Kurniawan, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT Studi Kasus : Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” Universitas Gadjah Mada, 2011.

I. M. Atmaja, “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Melalui Pengukuran Tingkat Kematangan dengan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus : Dinas Perhubungan, Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata Salatiga),” Universitas Kristen Satya Wacana, 2012.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v6i1.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats