Pemantauan Jaringan Menggunakan The Dude pada CV Teknika Bangun Wacana Berbasis Mikrotik dan Web

Joko Setiawan, Ahmad Sabiq

Abstract


CV. Teknika Bangun Wacana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang CCTV yang sangat tergantung dengan akses informasi yang aman dan handal. Selama ini, pengelolaan jaringan di CV. Teknika Bangun Wacana masih manual, pemakaian bandwidth pada jam sibuk terkadang masih tidak dapat terkendali serta tidak dapat dipantau. Pada penelitian ini dibangun jaringan di CV. Teknika Bangun Wacana Jakarta menggunakan dude berbasis Mikrotik serta web. Pada system ini digunakan router Mikrotik, Sistem operasi Windows 10 Pro. Hasil dari penelitian yang didapat pada dua sekenario pengujian yang dilakukan, sistem The dude berbasis Mikrotik dapat digunakan untuk mendeteksi status perangkat up dan down ke e-mail, pembatasan bandwidth perangkat yang terhubung ke Mikrotik dan lalu-lintas bandwidth melalui web.


Keywords


the dude, pemantauan jaringan, mikrotik.

Full Text:

PDF

References


Citraweb Nusa Infomedia., 2015. “Mengenal Mikrotik dengan PC Router”. Diakses dari http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=113, pada Juli 2017.

Widiyasono, 2009. “PengertianMikrotik”.diakses dari http://www.mandalamaya.com/pengertian-Mikrotik/ padaOktober 2016.

A, Zainal, Y.Rachmawati, dan J.Triyono. "AnalisisPerbandinganKinerjaMetode Routing Static pada PC Router Ubuntu dan Mikrotik Router (StudiKasus padaLaboratoriumKomputer&Jaringan, InstitutSains&Teknologi AKPRIND Yogyakarta)." JurnalJarkom 5.2. pp 146-156. 2017.

A. Khozaimi. “Implementasi Jaringan Point To Multipoint Dengan Mikrotik Rb 433 Pada Jaringan Internet Asrama Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura” Jurnal NERO. Vol 3, No 1. Pp.53-60. 2017.

Citraweb Nusa Infomedia., 2005. Monitoringdengan aplikasi The dude Diakses darihttp://Mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=172 pada Agustus 2017.

R. Rinaldo. “Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Router OS di Universitas Islam Batik Surakarta”. Jurnal Emitor Vol.16 No. 02. pp.5-12. 2016.

Agustina, R., Yusuf, M.Z., Purnama, I., & Anwar, M.N. “Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik OS dan The Dude”. Jurnal Teknologi, Universitas Kanjuruhan Malang. Vol.6. No.2.pp.124-130. 2013




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v6i1.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats