Efek Perubahan Kapasitas Mesin Dan Penggunaan 2 Busi Pada Motor 4 Langkah Terhadap BSFC dan Emisi Gas Buang

Farid Majedi

Abstract


Cadangan minyak bumi menipis,  diperlukan efisiensi penggunaan produk minyak bumi. Substitusi bahan bakar yang bisa digunakan adalah etanol. Motor dimodifikasi agar penggunaan etanol sebagai pengganti bensin dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji  Laju Konsumsi Bahan Bakar,BSFC dan emisi gas buang dengan perubahan kapasitas mesin dan penggunaan 2 busi. Metode penelitian ini adalah memodifikasi kapasitas mesin dari 113,7 cc menjadi 100,45 cc dan menggunakan 2 busi. Pengujian laju konsumsi bahan bakar, BSFC dan emisi gas buang hasill modifikasi bahan bakar etanol 95% dengan menguji konsumsi bahan bakar dan mesin gas analyzer, untuk untuk mendapatkan nilai laju konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang terutama gas beracun CO dan HC.. Hasil penelitian menunjukkan dengan mesin dengan kapasitas sama 113,7 cc dengan bahan bakar etanol 95% dan pertalite adalah laju konsumsi rata-rata naik 11,3 %, BSFC rata-rata naik 66,24%, Konsentrasi CO rata-rata mengalami penurunan 33,29% , Konsentrasi HC rata-rata mengalami kenaikan 9.34%.

Full Text:

PDF

References


Sugiyanto, Didik., “Pengaruh Variasi Jenis Busi Dan Campuran Bensin Methanol Terhadap Kinerja Motor 4 Tak”, Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 1 (2), [8.p.], 2014

Aji, A., Triyono, J., Triyono, T., Aji, A., Triyono, J., Triyono, T., “Studi Eksperimental Pengaturan Waktu Pengapian Pada Mesin 4 Langkah 1 Silinder Berbahan Bakar E25”, Jurnal Rotasi 19 (3), 165-171, 2017

Rahmad, H., Sasongko, M. N., Widjayanti, W., “Pengaruh Prosentase Etanol Terhadap Torsi Dan Emisi Motor Indirect Injection Dengan Memodifikasi Engine Controle Module’, Jurnal Rekayasa Mesin 7 (2), 49 – 54, 2016

Majedi, F., & Puspitasari, I., “Optimasi Daya Dan Torsi Pada Motor 4 Tak Dengan Modifikasi Crankshaft Dan Porting Pada Cylinder Head”, Jurnal Teknologi Terpadu. 5 (1), 82-9, 2017

Gurnito, A., Sudarmanta, B., “Pengaruh Ignition Timing Mapping Terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Engine SINJAI 650 CC Berbahan Bakar Pertalite RON 90”, Jurnal Teknik ITS. 5 (1), B30-35, 2016

Setityoadi, W., Essay In Analisa “Kinerja Mesin Motor 4 Langkah Berbahan Bakar Ethanol 94 – 100 % Dengan Penerapan 2 Busi”, (skripsi Universitas Muhammadiyah Malang) , 2016

Wijayanti, F., & Irwan, D., “Analisis Pengaruh Bentuk Permukaan Piston Terhadap Kinerjamotor Bensin”, Jurnal Imiah Teknik Mesin, 2 (1), 34-42, 2014

Sasongko, M., Wijayanti, W., “Pengaruh prosentase etanol terhadap daya dan konsumsi bahan bakar mesin pembakaran busi”, Jurnal Energi dan Manufaktur, 9 (2) : 147-149, (2016)

Majedi, F., “Pengaruh Penggunaan Panas Gas Hasil Pembakaran Terhadap Penguraian Gas CO (Karbon Monoksida) Menjadi C (Karbon) dan O (Oksigen) pada Asap Knalpot Sepeda Motor dengan Adsorben Zeolit”, Jurnal Jeecae 1 (1), 2016

KemenLH, “Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama” 2006




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v6i2.486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats