Karakteristik Bio-Oil Hasil Pirolisis Limbah Brem Dengan Variasi Temperatur

Edi Murnawan, Farid majedi

Abstract


Abstrak

Peningkatan teknologi otomotif dan jumlah kendaraan yang meningkat menyebabkan penggunaan bahan bakar fosil semakin meningkat. Maka  dibutuhkan bakan bakar alternatif sebagai pengganti atau campuran bahan bakar, untuk menjaga agar tidak terjadi krisis bahan bakar. Bio-oil merupakan salah satu produk hasil pirolisis yang dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar solar. Bio-oil diperoleh dari limbah brem yang diproses dengan cara  pirolisis. Pirolisis merupakan proses pembakaran suatu bahan pada suhu tinggi tanpa oksigen. Pada penelitian ini menggunakan variasi temperatur 250oC, 350oC, 450oC dan 550oC dengan waktu 3 jam dan massa 500 gram. Bio-oil hasil pirolisis divariasikan dengan solar dan diuji untuk mengetahui karakteristiknya. Pengujian pertama dilakukan untuk mendapatkan volume hasil pirolisis dari tiap temperatur. Pengujian kedua menggunakan metode ASTM D 445-12 untuk mendapatkan viskositas pada suhu 40oC dan metode ASTM D 93-12 untuk mendapatkan titik nyala. Hasil pengujian menunjukkan volume tertinggi diperoleh dari temperatur 5500C menghasilkan bio-oil sebanyak 254 ml. Hasil pengujian variasi campuran 5% bio-oil dari tiap temperatur diperoleh hasil yang terbaik yaitu dari temperatur 4500C, sedangkan persentase campuran yang optimal bio-oil dengan solar diperoleh viskositas tertinggi pada campuran 15% bio-oil dengan 85% solar sebesar 4,779 mm2/s dan titik nyala tertinggi diperoleh dari campuran 5% bio-oil dengan 95% solar sebesar 61oC

 

Kata Kunci: Bio-oil, Pirolisis, Titik nyala,  Viskositas


Keywords


bio-oil; pirolisis; titik nyala; viskositas;

Full Text:

PDF

References


Haryono, Widy, Perkembangan Komponen Otomotif Di Indonesia, Jakarta: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, 2014

Kuncahyo, Priohadi.dkk. 2013. Analisa Prediksi Potensi Bahan Baku Biodiesel Sebagai Suplemen Bahan Bakar Motor Diesel DiIndonesia. Surabaya: Institut Sepuluh November. Vol. 2, No. 1.

Majedi, Farid, Widya, Wijayanti, Hamidi, Nur kholis, “Parameter Kinetik char Hasil Pirolisis Serbuk Kayu Mahoni (Switenia Macrophylla) Dengan Variasi Heating rate dan Temperatur,” Rekayasa Mesin. Vol. 6, No. 1, pp. 1-7, 2015.

Harjono, A., Teknologi Minyak Bumi, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2007.

Akbar, Awhu, Paindoman, R., Coniwanti, P., “Pengaruh Variabel Waktu Dan Temperatur Terhadap Pembuatan Asap Cair Dari Limbah Kayu Pelawan (Cyanometra Cauliflora),” Jurnal Teknik Kimia, No. 1, Vol. 19, pp.1-8, 2013.

Widya M., Wirawan, Cahyono, M. Sigit, Ma’arif, S., Sukarjo, H.B., Wardoyo, “Pengaruh Suhu terhadap Rendemen dan Nilai Kalor Minyak Hasil Pirolisis Sampah,” Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (JMST), Vol. 1, No. 2, pp. 49-52, 2016.

Hidayat, Taufik, Qomaruddin, “Analisa Pengaruh Temperatur Pirolisis dan Bahan Biomassa Terhadap Kapasitas Hasil Pada Alat Pembuat Asap Cair, “ in seminar SNST, Universitas Wahis Hasyim Semarang 2105, 2015, pp. 29-34.

Beta C.D., Anggreini, Aries H., Dwi, Masykuri, Mohammad, “Rendemen Tar dalam pirolisis sampah kota dengan komposisi organik/anorganik (50%/50% W/W),” Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), Vol. 1, No. 3, pp. 186-195, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v7i1.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats