Kenyamanan Lingkungan Termal Ruang Kuliah (C4) Fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo

Indah Sari Zulfiana

Abstract


Kenyamanan termal suatu ruang kuliah diperlukan untuk mendukung proses penerimaan pembelajaran oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan lingkungan termal pada ruang kuliah (C4) Fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo dengan menggunakan sistem penghawaan buatan (AC). Kuisioner dibagikan kepada 30 mahasiswa Teknik Arsitektur dengan menggunakan sensasi termal ASHRAE, penerimaan kondisi termal serta preferensi termal. Bersamaan dengan itu dilakukan pengukuran lapangan untuk mengetahui temperatur udara (Ta), kelembaban relatif (RH), Mean Radiant Temperature (MRT) dan kecepatan udara (Va). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% mahasiswa memilih agak dingin pada sensasi termalnya sedangkan 97% dapat menerima keadaan termal ruang, dan hampir 70% mahasiswa tidak menginginkan perubahan kondisi termal pada ruangan tersebut.


Keywords


kenyamanan termal; ruang kuliah (C4) Fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo; thermal sensation vote (TSV); penerimaan termal; preferensi termal

Full Text:

PDF

References


BPS Kota Gorontalo. 2013.

Nobert Lechner. (2007). Heating, Cooling, Lighting. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhammad Tayeb, Ramli Rahim, Baharuddin Hamzah. (2016). Pengaruh luasan Bukaan Terhadap kenyamanan Termal Ruang kelas Siswa Pada Bangunan SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Simposium Nasional RAPI XV-2016 FT UMS.

Indah sari Zulfiana. (2015). Kenyamanan Termal Adaptif Rumah Tinggal di Kota Timika-Papua. Tesis Pasca Sarjana Teknik Arsitektur Universitas Hasanuddin.

Sally SeptianaNapitupulu. (2014). Pengaruh Orientasi Bangunan dan Kecepatan Angin terhadap Bentuk dan Dimensi Filter Pada Fasad Bangunan Rumah Susun. E-Journal Graduate Unpar, Vol. 1, N0.2 ISSN:2355-4274.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v7i1.637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats