IMPLEMENTASI METODE FAST FOURIER TRANSFORM (FFT) DALAM MENGKLASIFIKASIKAN SUARA PRIA DAN WANITA DI LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Andi Sri Irtawaty

Abstract


Metode Fast Fourier Transform (FFT) merupakan suatu metode yang digunakan untuk merepresentasikan sinyal suara dalam domain waktu diskrit menjadi sinyal suara dalam domain frekuensi  [1].  FFT merupakan turunan dari persamaan DFT dimana jumlah perhitungan digital pada DFT dapat dikurangi secara significant sehingga dengan adanya penemuan FFT maka perhitungan digital terhadap spektrum-spektrum frekuensi dapat diwujudkan secara sederhana dalam implementasinya  [2]. Dalam penelitian ini, akan dilakukan pengujian terhadap 10 sampel suara yang direkam dalam format .wav, dan tujuan akhirnya adalah untuk mengembangkan media pembelajaran mata kuliah pengolahan sinyal di laboratorium Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan.

Adapun parameter yang digunakan adalah amplitudo, periode, magnitudo, dan daya sinyal suara. Hasil pengujian dari keempat parameter tersebut ternyata hanya parameter amplitudo dan daya yang sangat akurat dalam membedakan ciri antara suara pria dan suara wanita yaitu pada suara pria memiliki nilai amplitudo dan daya yang lebih tinggi daripada suara wanita, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keakuratan metode FFT ini dalam mengklasifikasikan suara pria dan suara wanita sebesar 90%.


Keywords


Suara manusia, sinyal, amplitudo, periode, daya, FFT

Full Text:

Proof PDF PDF

References


S. R.Y., Simulasi Sistem Pengacak dengan metode FFT (Fast Fourier Transform), Manado: E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 2014.

H. R.J., 2015. [Online]. Available: http://hanif-roikhatul-fst12.web.unair.ac.id/artikel_detail-137516-FISIKA%20KOMPUTASI%202015-FAST%20FOURIER%20TRANSFORM.html..

R. Mulyani, "Pemetaan duara Manusia menggunakan Fast Fourier Transform (FFT)," 2017.

D. F. H. J. Gunawan, Pengolahan Sinyal Digital, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

V. J. G. P. K.Ingle, Digital Signal Processing using matlab, Stamford, 2012.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v7i2.661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats