MODIFIKASI CYLINDER HEAD DAN INJEKSI GAS HHO TERHADAP PERFORMA MESIN 4 LANGKAH 1 SILINDER

Indah Puspitasari

Abstract


Kendaraan yang high performance dan irit bahan bakar dapat dihasilkan dari memodifikasi mesin. Tujuan penelitian adalah memodifikasi intake dan exhaust cylinder head  menggunakan bahan bakar pertalite dengan penambahan gas HHO (Hidrogen Hidrogen Oksigen), kemudian menganalisa pengaruhnya terhadap performa mesin. Dengan memperbesar diameter intake dan exhaust menjadi 28.35 mm dari ukuran standar 26 mm (intake) dan 26.5 mm (exhaust). Kemudian menambahkan dimple pada intake dengan jarak berdempetan (variasi 1) dan berjarak 1 mm (variasi 2). Pengujian performa dilakukan dengan dynotest. Berdasarkan pengujian, variasi 1 memiliki performa lebih baik dibanding standar. Daya maksimum standar yaitu 18.2 hp putaran 6690 rpm, daya terendah yaitu 7.8 hp putaran 10.000 rpm. Daya maksimum variasi 1 yaitu 18.9 hp putaran 7175 rpm, daya terendah yaitu 9.4 hp putaran 6240 rpm. Torsi maksimum standar yaitu 19.24 N.m putaran 6671 rpm, torsi terendah yaitu 5.49 N.m putaran 10000 rpm. Torsi maksimum variasi 1 yaitu 18.8 putaran 7133 rpm, torsi terendah yaitu 17.38 N.m putaran 10000 rpm. Dari hasil penelitian diketahui bahwa mesin modifikasi memiliki kestabilan performa lebih baik dibandingkan mesin standar, disebabkan bahan bakar yang terendap pada dimple namun performa puncak mesin modifikasi tidak lebih baik dari mesin standar dikarenakan suplai bahan bakar yang sama dari karburator.


Keywords


Cylinder head, Dimple, HHO Gas, Engine Performance

Full Text:

PDF

References


Sudarmanta, B., Darsopuspito, S., Sungkono, D. (2016). Aplication Of Dry Cell HHO Gas Generator Width Modulation On Sinjai Spark Iganation Engine Performance. International Journal Of Research In Engineering And Technology

Setiawan, Agus. (2015). Pengaruh porting saluran intake dan exhaust terhadap kinerja motor 4 – langkah 200 cc berbahan bakar premium dan pertamax. Laporan Penelitian Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dr.P.N.Shrirao., R.M.Sherekar., P.Kbhoyar. (2014). Effect of air swirl with dimpled cylinder head on performance characteristics of diesel engine. International journal of mechanical engineering research and development, ISSN 2248-9355

Rahadi D. Jarot dkk (2014). Pengaruh Pemanfaatan Hydrogen dari Generator HHO terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak 100 Cc. E-Jurnal Teknik Mesin. Vo.2, No 1

Franky. (1999). Buku Pedoman Reparasi Honda GL 200. Ahass Honda Motor

Setiawan, Agus. (2015). Pengaruh porting saluran intake dan exhaust terhadap kinerja motor 4 – langkah 200 cc berbahan bakar premium dan pertamax. Laporan Penelitian Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v8i1.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats