Analisis Whirling Vibration Sistem Propulsi Pada Kapal Tugboat BPW 3

Alamsyah bin Muhammad Saleh

Abstract


Getaran yang terjadi pada kapal memiliki efek samping yang berpengaruh cukup besar terhadap ketahanan kontruksi kapal. Sistem propulsi merupakan salah satu komponen utama yang menyebabkan terjadinya getaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis getaran lateral dengan variasi nilai (b) dan (l) untuk mendapatkan kecepatn kritis yang disebabkan propeller serta mendapatkan nilai tingkat kebisingan. Metode yang digunakan metode numerical dan estimation method. Hasil penelitian didapatkan nilai estimasi terbesar terjadi pada kondisi fixed forward end, reverse whirl sebesar 31,96 Rpm dengan variasi (b) = 298,39 mm, dan pada kondisi simple support, reverse whirl estimasi kecepatan kritis terbesar adalah 10,72 Rpm. Sedangkan untuk nilai kebisingan pada nilai (b) = 298,39 mm pada frekuensi 2,13 Hz, nilai (b) = 399,99 mm pada frekuensi 1,5 Hz, dan pada nilai (b) = 544 mm pada frekuensi 1,07 Hz bernilai 134 dB, semuanya di bawah  nilai  standar ICES 209 yakni 135 dB yang berarti kodisinya baik.


Keywords


Lateral vibration, Propeller, Numerical, ICES 209

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v8i2.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats