Desain Sistem Pendingin Ruang Muat Semi Permanen Berbahan Polistirena (C₈H₈)n dan Seng (Zn) Pada Kapal Ikan Tradisional

Suardi suardi

Abstract


       Kualitas ikan yang baik menentukan harga jual yang tinggi di pasaran. Dalam hal ini maka diperlukan penanganan yang tepat oleh nelayan pada saat ikan di dapatkan. Untuk menjaga kesegaran ikan nelayan menggunakan ruang muat semi permanen dengan bahan Polistirena dan Seng sebagai insulasinya. Nelayan biasa menggunakan es basah sebagai media pendinginya. Nelayan tradisional dimana waktu melautnya sangat tergantung pada lama waktu Coolbox mempertahankan temperaturnya. Pada penelitian ini mencoba untuk mengetahui seberapa tahan insulasi yang di gunakan para nelayan tersebut terhadap waktu dan temperature , dan pengaruh ketebalan Polistirena terhadap kekuatan Coolbox untuk mempertahankan suhu agar tetap dingin. Percobaan dilakukan dengan menggunakan es 15 kg dengan waktu selama 2 hari / 48 jam. Dari hasil pengujian alat pendingin yang dibuat dengan insulator Polistirena dan seng dapat mempertahankan suhu pada ruang muat kapal ikan pada periode tertentu. Aplikasi Coolbox dengan menggunakan insolator Polisterina dengan ketebalan 4 cm dan Seng 0,1 cm mampu mempertahankan es selama 48 jam dengan suhu Coolbox rata-rata 2°C . Sedangkan Insolator Polistirena dengan ketebalan 2 cm dan Seng 0,1 cm hanya mampu mempertahankan es selama 24 jam dengan suhu rata-rata 6,6°C. Nilai laju panas dari dalam Coolbox dengan ketebalan insulasi Polisterina 2 cm lebih cepat dibandingkan dengan insulasi ketebalan Polisterina 4 cm.


Keywords


Sistem Pendingin; Kapal Ikan Tradisional

Full Text:

PDF

References


Andersen (2011). Keefektifan Strefoam Sebagai Material Kulit Bangunan Menginsulasi Panas, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, Grogol Jakarta Barat.

Dr.Ir.Made Astawan,M.S. (2014) Penanganan dan Pengolahan Hasil Perikanan di Atas Kapal

Furkanudin (2017) Desain Palka Kapal Ikan yang Efisien Guna Melayani Kebutuhan Pelayaran di Daerah Zona Ekonomi Eksklusif. Tugas Akhir Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Diponogoro, Semarang

Gunawan P.S Hutahaean (2015) Pengaruh Penambahan Seng (Zn) Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Paduan Tembaga-Seng Melalui Proses Pengecoran. Tugas Akhir Jurusan Teknik Material dan Metalurgi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Holman J (1984) . Perpindahan Kalor. Jakarta: Erlangga.

Ilyas (1983). Teknologi Refrigerasi Hasil Perikanan: Teknik Pendinginan Ikan , Jakarta.

Manurung (2008). Teknologi Pengolahan Hasil Laut. Medan : Kerjasama EU-Vest dengan Universitas HKBP Nommensen Medan dan Aaborg University Denmark

Muhammad Abidin (2017) Desain Sistem Pendingin Euang Muat Kapal Ikan Tradisional Menggunakan Insulasi dari Sekam Padi. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

Muhammad Hidayat (2017) Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Sebagai Campuran Polyurethane Pada Insulasi Palka Kapal Ikan Tradisional. Tugas Akhir Jurusan Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Myres (1981) Fresh Fish Handling. Planning and Engineering Data. Rome : FAO Fish Circ. (735)

Nasution (2014). Karakteristik Fisik Sabut Kelapa Sebagai Insulator Palka Ikan, Hal 89-92 ISSN 0126-4265

Puteri Ladikha Sihombing (2018) Desain Kotak Pendingin Pada Kapal Nelayan Tradisional Menggunakan Insulasi Campuran Serbuk Kayu Sengon dan Jerami. Tugas Akhir Jurusan Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

S.Arbintarso, Ellyawan, dan Muhajir (2008). Kotak Penyimpanan Dingin dari Papan Pertikel Padi, Teknolgi Jurusan Teknik Mesin, IST AKPRIND, Yogyakarta.

Shawyer, M. Pizzali (2003). The Use of Ice on Small Fishing Vessels, FAO Fisheries Technical Paper. No 436, Rome.

W.C Reynolds (1983). Engineering Thermodinamics. New York : Mc Graw Hill.

Wilma Amiruddin (2012) Efisiensi Teknis Penggunaan Bahan Polyurethane Sebagai Insulasi Palka Kapal Ikan. Tugas Akhir Jurusan Teknologi Kelautan Institut Pertanian, Bogor




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v8i2.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats