ANALISIS KENYAMANAN TERMAL RUANG KELAS DI UNIVERSITAS SAINS DAN TEKNOLOGI JAYAPURA DENGAN MENGGUNAKAN ECOTECT

Indah Sari Zulfiana

Abstract


Selain menggunakan pengukuran secara langsung dengan menggunakan alat ukur, kenyamanan termal juga dapat diketahui dengan melakukan simulasi menggunakan aplikasi, salah satunya yaitu “ecotect”. Untuk itu dilakukan penelitian terkait dengan kenyamanan termal salah satu ruang kuliah di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dengan menggunakan ecotect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan termal ruang dan strategi/alternatif desain yang mendekati kenyamanan termal dengan menggunakan simulasi melalui aplikasi ecotect. Penggambaran eksisting ruang kelas dilakukan (Ruang Gambar FTSP, USTJ) lengkap dengan material serta warna ruang. Setelah itu, dilakukan penggambaran kembali di ecotect yang telah dimasukkan data iklim kota Jayapura. Tiga strategi/alternatif desain digunakan berdasarkan teori-teori desain kenyamanan termal dalam ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu di dalam ruangan setelah dilakukan simulasi yaitu 34ºC. Penambahan material insulasi pada atap dapat menurunkan suhu ruangan menjadi 24ºC. Adapun 2 strategi/alternatif desain lainnya tidak menunjukkan perubahan suhu pada ruang.


Keywords


Ruang termal; Suhu; Ecotect

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, M. T. Ishak, S. Beddu, M.Y. Osman, “Analisis Kenyamanan dan Lingkungan Termal pada Ruang Kuliah dengan Ventilasi Alami (Studi Kasus: Kampus II Fakultas Teknik Unhas Gowa)” in Seminar Nasional Semesta Arsitektur Nusantara 2 Arsitektur Nusantara Berkelanjutan, 2013.

Nur Laela Latifah, Fisika Bangunan 1. Jakarta: Griya Kreasi, 2015.

SNI 03-6572-2001, Tata cara perancangan sistem ventilasi dan pengkondisian udara pada bangunan gedung, 2001.

Indah Sari Zulfiana, “Kenyamanan Lingkungan Termal Ruang Gambar Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura,” Jurnal Median, vol. 8, no.2, pp. 82-89, 2018.

Basaria Talarosha, “Menciptakan Kenyamanan Termal Dalam Bangunan,” Jurnal Sistem Teknik Industri, vol. 6, no. 3, pp. 148-158, 2005.

Terry S. Boutet, Controlling Air Movement. McGraw-Hill Book Company, 1987.

Qurrotul A’yun, P.C. Wati, M. C. Khafidz, “Eksplorasi Disain Ventilasi Ruang Kuliah Untuk Mencapai Kenyamanan Termal,” EMARA: Indonesian Journal of Architecture, Vol. 4 No. 2, pp. 119-125, 2019.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v8i2.884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats