Penerapan Kontrol PI Pada Alat Pengaduk dan Pengukus Adonan Pudak untuk Meningkatkan Hasil Produksi Industri Rumah Tangga di Gresik

Indra Ferdiansyah, Irianto Irianto, Epyk Sunarno

Abstract


Abstrak

       Seiring dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi di era modern ini, membawa manusia untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan kreasi guna memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, khususnya dibidang perindustrian baik skala besar maupun industri rumahan. Dibidang perindustrian kebutuhan sistem kontrol yang efektif dan efisien sangat diperlukan untuk mempermudah, menghemat atau mempersingkat waktu kerja dan tenaga pada sebuah proses produksi. Dalam hal ini sebuah  plant yang akan digunakan adalah motor DC sebagai pengaduk dan heater sebagai pengukus pada proses industri rumahan pembuatan makanan khas Gresik “Pudak”. Adapun yang sering menjadi kendala dari industri rumahan adalah tidak mampu memenuhui permintaan dengan jumlah besar dan lamanya proses produksi.Solusi dari permasalah ini adalah merancang dan membuat alat produksi pudak secara semi-otomatis, dengan menggunakan kontrol Propotional Integral (PI) pada setiap sistemnya. Pada sistem yang diusulkan, proses pengadukan kecepatan motor dijaga secara konstan selama 10 menit dengan nilai parameter Kp=10 dan Ki=5. Setelah itu pada proses pengukusan suhu dijaga konstan sekitar 900C selama ± 90 menit,  dengan nilai Kp=75 dan Ki=5.0. Kemudian setelah seluruh proses selesai maka buzzer akan berbunyi sebagai tanda bahwa prsoses pembuatan pudak telah selesai.

 

Kata kunci :  proses kontrol, industry rumah tangga, kontrol PI


Keywords


Speed Control, PI Control, DC Motor Drive, Temperatur Control, Process Control

Full Text:

PDF

References


MH. Rashid.(2003).”Power Electronic Handbook”

Arif Santoso, Teguh. 2014. “Pembuatan Gula Aren Dengan Menggunakan Motor Agitator Sebagai Pengaduk Gula Aren Berbasis Mikrokontroler”. Surabaya : PENS

Heri Admojo, Tri. 2006. “Pengaturan Kecepatan Motor Dc Penguat Terpisah Menggunakan Kontrol Pid-Fuzzy”. Surabaya : PENS-ITS.

Yanzra Saputra.2009. “Pengendalian Kecepatan Motor Dc Menggunakan Kontrol PI Sebagai Alat Untuk Pembersih Kacang Hijau”. Surabaya:PENS-ITS.

ATMEL, http://www.atmel.com , (di download 10 Oktober 2014)




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v8i2.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats