ANALISIS IDENTIFIKASI PERMASALAHAN KOPERASI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan dari Koperasi Politeknik Balikpapan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota serta mengetahui prospek koperasi dimasa mendatang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terakumulasinya kekecewaan anggota sehingga menyatakan mundur dari keanggotaan koperasi, dan roda organisasi nyaris tidak berputar. Menggunakan metode survey, dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi, jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian adalah Koperasi Politeknik Balikpapan dengan obyek pengurus dalam melakukan tata kelola koperasi. Analisis data menggunakan teknik tahapan Miles dan Huberman yakni, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan:(1)Masalah yang dihadapi Koperasi Politeknik Balikpapan meliputi:Komitmen manajemen belum optimal; Tata kelola keuangan tidak dilakukan dengan baik dan akuntabel; Tidak transparan dalam pengeluaran biaya dan pembuatan laporan keuangan; Ketidakpercayaan anggota kepada pengurus; Tidak cermat dalam perencanaan awal tahun anggaran dan keterbatasan pengetahuan pengurus tentang risiko bisnis; Kurangnya pemahaman tugas dan wewenang pengawas maupun pengurus; Komunikasi antar pengurus dan pengawas sangat kurang;(2)Prospek Koperasi untuk tumbuh dan berkembang sangat tinggi. Saran yang diberikan adalah segera dilaksanakan Rapat Anggota Luar Biasa, serta komitmen dari manajemen terkait keberadaan koperasi dan kemauan pengurus untuk melaksanakan prinsip pengelolaan koperasi yang transparan, baik dan akuntabel perlu ditingkatkan..
Kata kunci : Tata Kelola Keuangan, Akuntabel, Komitmen, Prospek
PROBLEM IDENTIFICATION ANALYSIS OF balikpapan state Polytechnic COOPERATI IN EFFORTS TO IMPROVE MEMBERS 'Welfare
The main objective of this research is to analyze and identify problems from the Balikpapan Polytechnic Cooperative in an effort to improve the welfare of members and to know the prospects of cooperatives in the future. The problem in this research is the accumulation of members' disappointments so that they withdraw from the membership of the cooperative, and the wheels of the organization barely rotate. Using survey methods, with interview, documentation and observation data collection techniques, the type of research conducted is qualitative. Sampling uses a purposive sampling technique. The subject of the research was Balikpapan Polytechnic Cooperative with the object of the management in conducting cooperative management. Data analysis using the Miles and Huberman stages techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions and verification. Conclusions: (1) Problems faced by Balikpapan Polytechnic Cooperative include: Management commitment is not optimal; Financial governance is not done properly and accountably; Not transparent in spending and preparing financial statements; Distrust of members to the management; Inaccurate in planning the beginning of the fiscal year and limited management's knowledge of business risks; Lack of understanding of the duties and authority of supervisors and administrators; Communication between management and supervisors is very poor, (2) the prospect of cooperatives to grow and develop is very high. The advice given is to immediately hold an Extraordinary Members' Meeting, and the commitment of management regarding the existence of cooperatives and the willingness of the management to implement the principles of cooperative management that are transparent, good and accountable need to be improved..
Keywords : Financial Governance, Accountability, Commitments, Prospects
Full Text:
PDFReferences
Barata, Atep Aditya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo
Burhanuddin. 2018. Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Koperasi Simpan Pinjam Karya Bersama Palu. Jurnal Sinar Manajemen Volume 5 No. 2
Cangara.Hafid. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Hana.Nining Nurma. 2017. Pengaruh Kredit, Inovasi, Dan Manajemen Usaha Terhadap Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 17, No. 2, 2017 : 29 – 34
Hanafi. Mahduh. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta. UPP AMP YKPN, Edisi 2
Maharani. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. E-Journal Undip. Oktober 2010
Moleong.Lexy. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta. UI Press
mustanginok.Nurul. 2018. Analisis Identifikasi Masalah Utama Koperasi Di Kabupaten Banyuasin Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Anggota. I-Economic Vol. 4. No 2
Mustangin.2018. Hasil Pemberdayaan Masyarakat Oleh Koperasi Sebagai Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Petani Daerah Cepogo. Social Work Jurnal Vol. 8. No 1
Richard, Daft.L, 2007. Era Baru Manajemen. Jakarta.Salemba Empat.hal.265
Saefulloh. 2018. Peran Koperasi Dalam Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam Vol. 3, No. 2
Sarwoto. 1978. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Bogor. Galia Indonesia
Sitepu. 2018. Perkembangan Ekonomi Koperasi di Indonesia. Niagawan Vol 7 No 2 Juli 2018
K, Soekanto. 1986. Dasar- Dasar Manajemen. Jakarta. Miswar
Susilawetty, Karna Supena. 2013. Peran Koperasi Serba Usaha Mutiara Mandiri Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Widya Volume 1 Nomor 1 Mei-Juni 2013
Sutedi, Adrian. 2009. Implikasi Hukum Atas Sumber Pembiayaan Daerah, Dalam Kerangka Otonomi Daerah. Jakarta.Sinar Grafika
Undang-Undang No. 11 Tahun 2009. Tentang Kesejahteraan Sosial
Yuwono, Sony. 2005. Penganggaran Sektor Publik, Pedoman Praktis Penyusunan, Pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban APBDBerbasis Kinerja. Malang. Bayumedia Publishing
Zurnali, cut. 2010. Sumber Daya Manusia Masa Depan. Bandung. Unpad Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.