SISTEM PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMA MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS DI BIMBINGAN KONSELING SMA NEG.1 SENDANA

Nurul Hikmah, Ismail Ismail, Dian Megah Sari

Abstract


Sulit menentukan pilihan jurusan kuliah sering dialami oleh siswa-siswi kelas XII, hal yang sama juga terjadi pada siswa-siswi kelas XII di SMA Neg.1 Sendana. Salah satu faktor yang menjadi penyebab hal tersebut adalah kurangnya atau tidak adanya materi tentang bimbingan karir khususnya pengetahuan mengenai informasi pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Akibatnya, banyak siswa-siswi yang memilih jurusan tidak berdasarkan minat, bakat dan prestasi belajaranya. Guru sebagai pendidik memiliki peran yang cukup peting dalam membimbing siswa-siswi selama proses pembelajaran di sekolah. Tak terkecuali guru bimbingan dan konseling (BK) yang terlibat langsung dengan siswa-siswi juga berperan penting dalam membimbing dan mengarahkan minat dan bakat siswa. Untuk mengetahui minat, bakat dan prestasi belajar yang dimiliki diperlukan suatu sistem sebagai alternatif yang dapat dijadikan alat bantu dan bimbingan bagi siswa siswi kelas XII dalam menentukan pilihannya. Sistem yang dimaksud adalah sistem pendukung keputusan (SPK). Sehingga, dengan adanya sistem tersebut dapat mengurangi kesulitan siswa dalam mengambil keputusan karena telah disediakannya informasi jurusan yang sesuai dalam sistem. Ketepatan dalam pemilihan jurusan juga membantu mengurangi angka pengangguran terpelajar yang didominasi lulusan universitas yang mencapai peningkatan sebanyak 33,5% dari data tahun 2017. Dalam penelitian ini penulis menggunakan logika fuzzy dan simple addtive weighting (SAW). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai akademik, minat mata pelajaran, dan tes kecerdasan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem yang dirancang mampu mengatasi permasalahan siswa-siswi dalam hal menentukan pilihan jurusan kuliah.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Logika Fuzzy, Simple Additive Weighting, SAW, Pemilihan Jurusan

 

SELECTION SYSTEM OF DEPARTMENTS IN HIGHER EDUCATION FOR HIGH SCHOOL STUDENTS USING FUZZY LOGIC AND SIMPLE ADDTIVE WEIGHTING (SAW) (STUDY OF COUNSELING GUIDANCE AT SMA NEGERI 1 SENDANA)

Difficult to determine the choice of a college major is often experienced by students of class XII, the same thing happened to students of class XII at SMA Neg.1 Sendana. One of the factors causing this is the lack or absence of material on career guidance, especially knowledge regarding information on choosing a major in college. As a result, many students choose majors not based on their interests, talents and academic achievement. Teachers as educators have an important role in guiding students during the learning process at school. The guidance and counseling teachers (BK) who are directly involved with students also play an important role in guiding and directing the interests and talents of students. To find out the interests, talents and learning achievements possessed, a system is needed as an alternative that can be used as a tool and guidance for class XII students in determining their choices. The system in question is a decision support system (SPK). So, this system can reduce students' difficulties in making decisions because the appropriate department information has been provided in the system. The accuracy in selecting majors also helps reduce the number of educated unemployment, which is dominated by university graduates, which reached an increase of 33.5% from the 2017 data. In this study the authors used fuzzy logic and simple addtive weighting (SAW). The variables used in this study were academic scores, subject interest, and intelligence tests. The final result of this research is a system designed to be able to solve the problems of students in determining the choice of college majors.

Keywords: Decision Support System, Logika Fuzzy, Simple Additive Weighting, SAW, Majors Selection


Full Text:

PDF

References


A.M. Syafar. “Sistem Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi di UIN Alauddin Berbasis Web dengan Metode Analytic Hierarcy Process (AHP)”, Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi, Makassar (2018): 309-318.

P.A.W. Ananta dan I.M.A. Wirawan. “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Kuliah di Perguruan Tinggi dengan Metode Dempster-Shafer (Studi Kasus di Bimbingan Konseling SMA N 1 Seririt)”, KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, Bali (2018): 66-75.

H. Prayitno dan E. Amti. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

R. Fitriawanti, I. Cholissodin dan R.K. Dewi. “Klasifikasi dan Rekomendasi Jurusan Kuliah Bagi Pelajar SMA Menggunakan Algoritme Naive Bayes-WP”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Jawa Timur (2018): 4914-4922.

F.M.F. Syarief dan S. Suwandana. “Analisis dan Perancangan Decision Support System Menentukan Angkat Kredit dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada Leasing Oto Finance Batam”, JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, Batam (2018) .

A.A Wahyu. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Keahlian Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Porcess (Studi Kasus : Prodi PTI FT UNY)”, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Yogyakarta (2014): 27-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.