KARAKTERISTIK DAN PREFERENSI PENGGUNA MODA TRANSPORTASI MENUJU BANDARA SOEKARNO – HATTA (Studi Kasus: Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta)

Dita N. Salsabila, Idi Namara

Abstract


Masyarakat membutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang memadai. Hal ini disebabkan karena transportasi merupakan kebutuhan turunan (derived demand) dari suatu sistem aktivitas yang fungsi utamanya adalah menjembatani jarak geografis antara “produsen” dan “konsumen”. Oleh karena itulah bandara biasanya dibangun di pinggiran kota atau bahkan jauh di luar kota. Penulisan Tugas Akhir ini untuk mengetahui sampai sejauh mana Karakteristik Dan Preferensi Pengguna Moda Transportasi Menuju Bandara Soekarno – Hatta. Analisis yang didapatkan bahwa faktor karateristik pelaku perjalanaan dimana usia, penghasilan, pekerjaan, juga kepemilikan kendaraan. Dan faktor karakteristik pergerakan pelaku perjalanaan yang meliputi maksud perjalanaan, berapa kali melakukan perjalanaan, dan asal pelaku perjalanaan. Dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Setelah data didapatkan maka dianalisa dengan teori preferensi. Maka didapatkan preferensi pengguna masing – masing moda transportasi sebanyak Bus DAMRI 33 pelaku perjalanaan, Taksi 15 responden, Kendaraan Pribadi 27 pelaku perjalanaan dan KA Bandara 25 responden. Maka sebelum adanya KA Bandara masyarakat menggunakan transpotasi umum seperti DAMRI, Taksi, dan Kendaraan pribadi dan setelah adanya KA Bandara masyarakat masih busa memilih dan memanfaatkan kendaraan umum lainnya dengan alasan masing – masing responden.

Kata Kunci : Karakteristik Pelaku Perjalanan, Sistem Pergerakan, Preferensi.

 

Characteristics and Preferences of Transportation Users towards Soekarno-Hatta Airport.

Communities need adequate transportation facilities and infrastructure. This is because transportation is a derived demand (derived demand) from an activity system whose main function is to bridge the geographical distance between "producers" and "consumers". Therefore, airports are usually built on the outskirts of the city or even far outside the city. The writing of this Final Project is to find out to what extent the Characteristics and Preferences of Users of Transportation Mode Towards Soekarno-Hatta Airport. The analysis found that the characteristics of the perpetrators of the journey where age, income, occupation, as well as vehicle ownership. And the characteristic factors of the movement of the perpetrators of the journey include the purpose of the trip, the number of times the trip is carried out, and the origin of the perpetrator of the journey. By distributing questionnaires to 100 respondents. After the data is obtained, it is analyzed with preference theory. So the user preferences of each mode of transportation were obtained as many as 33 DAMRI Bus operators, 15 respondents Taxi, Private Vehicle 27 travel participants and 25 Airport Train participants. So before the public airport train, public transportation such as DAMRI, taxi and private vehicles were used and after the airport train, people could still choose and use other public vehicles with the reasons of each respondent.

Keywords: Characteristics of Travel Agents, Movement Systems, Preferences.


Full Text:

PDF

References


Warpani, Suwardjoko Merencanakan Sistem Perangkutan Bandung ITB (1990)

Peraturan Mentri Perhubungan Nomor 43 Tentang Rencana Induk Kereta Api Nasional. (2011): Hal 78.

Ortuzar, J. d., and Willumsen, L. G. Modelling Transport. Chicester: A John Wiley and Sons, Ltd., Publication. (2011): Hal 50

Walpole, E. Ronald. 1995. Pengantar statistika, Edisi 3. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama (1995): hal 32.

Tamin, O. Z, (1997), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Pertama Penerbit ITB, Bandung. (1997): Hal 21

M.N. Nasution Manajemen Transportasi (2003); hal. 62

Marwan, Asri, Marketing. Cetakan Kedua, Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada (1990): hal 12.

Minal dan Sekhar Ravi. Ch. Mode Choice Analysis: Data, The Models, and Future Ahead. International journal for traffic and transport enginering, 4, (3): (2014): hal 269-285.

Morlok, E. K, 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta (1991) hal 3-7

Ribhan,” Hubungan Karakteristik individu Dengan Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi sebagai variabel Mediasi, Jurnal Busnis Dan Manajemen, Vol.4 No.2(2008): hlm. 92

Salim, H.A. Abba (1993) Manajemen Transportasi Jakarta: Raja Grafindo Persada (1993)

Tamin, O. Z.Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Kedua Penerbit ITB, Bandung.(2000): Hal 9-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.