PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN 4D UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK BATU BETON

Elza Yunika, Tuti Iriani, Rosmawita Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial berbasis animasi pada mata kuliah Praktik Batu Beton. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Thiagarajan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini disingkat dengan 4D (four-D), yaitu pendefiniasian (define), perencanaan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuntitatif dengan menggunakan kuisioner. Kuisioner diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan produk media pembelajaran. Hasil kelayakan produk media pembelajaran yang berjumlah 12 video tutorial berbasis animasi, sebagai berikut: a) Penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 88,00 % yang diklasifikasikan sangat layak; dan b) Penilaian dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 84,17 % yang diklasifikasikan sangat layak. Maka, dapat disimpulkan video tutorial berbasis animasi layak dan dapat digunakan sebagai variasi media pembelajaran pada mata kuliah Praktik Batu Beton.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Praktik Batu Beton

THE DEVELOPMENT OF ANIMATION BASED VIDEO TUTORIAL MEDIA USING 4D FOR CONCRETE PRACTICES COURSE

This study aims to produce instructional media based on animation video tutorials in the Concrete Practice course. This study using Research and Development (R&D) method which refers to the Thiagarajan research and development model. The research and development steps are abbreviated as 4D (four-D), namely the definition (define), planning (design), development (development), and dissemination (dissemination). The data collection technique used a quantitative method with questionnaire. Questionnaires were given to material experts and media experts to test the feasibility of learning media products. The results of the feasibility of learning media products, amounting to 12 animation-based video tutorials, are as follows: a) The evaluation of the material experts scores 88.00%, which is classified as very feasible; and b) The media expert's assessment gets a value of 84.17% which is classified as very feasible. So, it can be concluded that the animation-based video tutorial is feasible and can be used as a variation of learning media in the Concrete Practice course.

Keywords: Learning Media, Video Tutorial, Concrete Practice



Full Text:

PDF

References


A. Sadikin dan A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Jurrnal Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 2, hal. 214–224, 2020.

L. D. Herliandry, Nurhasanah, M. E. Suban, dan H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, hal. 65–70, 2020.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, hal. 1–12, 2020.

R. Setiawan dan E. Komalasari, “Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Penelit. Pendidik. dan Sosiol., vol. 4, no. 1, hal. 1–13, 2020.

A. Anggrawan, “Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa,” J. MATRIK, vol. 18, no. 2, hal. 339–346, 2019.

A. Rachman, Y. Sukrawan, dan D. Rohendi, “Penerapan Model Blended Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 6, no. 2, hal. 145–152, 2019.

F. Azhar, “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plumbing,” J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 9, no. 2, hal. 97–103, 2020.

M. R. Apriansyah, K. A. Sambowo, dan A. Maulana, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 9, no. 1, hal. 8–18, 2020.

A. A. Mubarok, R. Arthur, dan S. S. Handoyo, “Pengembangan Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah PTM/Jalan Raya Pendidikan Vokasional KOnstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 7, no. 2, hal. 35–42, 2018.

H. H. Batubara dan D. S. Batubara, “Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. April, hal. 74–84, 2020.

Mandalika dan Syahril, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia,” J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 1, hal. 85–92, 2020.

A. Jayul dan E. Irwanto, “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Kesehat. Rekreai, vol. 6, no. 2, hal. 190–199, 2020.

N. Hikmah, N. Saridewi, dan S. Agung, “Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” J. Kim. dan Pendidik., vol. 2, no. 2, hal. 186–195, 2017.

H. H. Batubara dan D. N. Ariani, “Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, hal. 47–66, 2016.

L. H. Siregar dan N. Syah, “Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Praktek Batu Beton Siswa di SMK Negeri 1 Bukittinggi,” J. CIVED Jur. Tek. Sipil, vol. 6, no. 2, hal. 1–5, 2019.

I. M. Tegeh, A. H. Simamora, dan K. Dwipayana, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu,” Julnar Mimb. Ilmu, vol. 24, no. 2, hal. 158–166, 2019.

D. Kurniawan et al., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan,” J. Siliwangi, vol. 3, no. 1, 2017.

G. E. Prasetyo dan N. Ginting, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Adobe Flash Dengan Menggunakan Model 4-D Tentang Kearifan Lokal Budaya Melayu Langkat Tahun Ajaran 2019 / 2020,” vol. 2, no. 1, hal. 93–102, 2020.

D. Arywiantari, A. . G. Agung, dan I. D. K. Tastra, “Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja,” J. Edutech Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 3, no. 1, hal. 3–12, 2015.

P. Srikandika, D. P. Perwita, dan Y. Oktrisma, “Analisis Model Pengembangan Bahan Ajar (4D, ADDIE, ASSURE, Hannafin dan Peck),” 4 November 2019, Padang, hal. 1–33, Okt-2019.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 2010.

D. S. Mandasari, “Pengembangan Bahan Ajar Pkn Kelas V Yang Berorentasi Pada Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Lerpak 3 Bangkalan,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 5, no. 2, hal. 1003, 2019.

R. A. Romana, “Pengembangan Jobsheet Praktik Batu Beton sesuai Standar Kerja Nasional Indonesia di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” J. Pendidik. Tek. Sipil, vol. 9, no. 2, hal. 91–96, 2020.

E. P. Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

A. Y. Utomo dan D. Ratnawati, “Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK,” J. Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, hal. 68–76, 2018.

Z. Arifin, “Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian,” J. THEOREMS, vol. 2, no. 1, hal. 28–36, 2017.

F. M. Dawati, S. Yamtinah, S. B. Rahardjo, Ashadi, dan N. Y. Indriyanti, “Uji Validitas Computerized Two-Tier Multiple Choice (CTTMC) Melalui Focus Group Discussion (FGD) untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains, vol. 21, no. 1, hal. 260–265, 2017.

Rusman, D. Kurniawan, dan C. Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

I. P. A. D. Prayatna, I. G. P. Sudiarta, dan I. N. Gita, “Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Sawan,” J. Pendidik. Mat. Undiksha, vol. 9, no. 2, hal. 40–51, 2018.

Syamsunir, Ruslan, dan Pattaufi, “Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Mata Kuliah Produksi Media Audio Video,” J. e-prints, vol. 1, no. 1, hal. 1–8, 2020.

Supriyadi, “Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash CS6 Materi Termodinamika untuk Siswa SMK Kelas XI Teknik Otomotif,” Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, 2017.

E. F. Setiadi, A. Azmi, dan J. Indrawadi, “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial,” J. Civ. Educ., vol. 2, no. 4, hal. 313–323, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.