PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN DENGAN COMMUNICATIVE APPROACH

Lilik Damayanti, Abdul Gofur

Abstract


Saat ini masih banyak metode pengajaran berpusat pada tenaga pengajar atau dosen (lecturer centre learning) pada metode ini sistem belajar-mengajar kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbahasa Inggris secara aktif. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran bahasa Inggris di Poltekba, diketahui bahwa kemampuan berbahasa Inggris sebagian besar mahasiswa masih tergolong rendah yang ditunjukkan dengan nilai akhir mahasiswa di setiap semester yaitu lebih dari 60% mahasiswa yang mendapatkan nilai ≤ B. Maka penting bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana seharusnya metode pembelajaran bahasa inggris yang tepat di Politeknik Negeri Balikpapan, sehingga pencapaian nilai akhir mahasiswa dan skor kemampuan bahasa inggris dapat meningkat secara signifikan dan membawa dampak terhadap meningkatnya persentasi lulusan Poltekba yang diterima di perusahaan asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris mahasiswa Poltekba khususnya Communication skill dengan merancang suatu bentuk metode Communicative Approach yaitu metode yang dapat digunakan di semua kelas pembelajaran bahasa Inggris dengan berpusat pada Student Centre Learning sehingga lebih menekankan pada keaktifan mahasiswa dalam berbicara dan memproduksi kosakata.

Kata kunci : Kemampuan Bahasa Inggris, Communication Skill, Communicative Approach, Student Centre Learning

 

THE APPLICATION OF ENGLISH LEARNING METHODS IN STATE POLYTECHNICS OF BALIKPAPAN WITH COMMUNICATIVE APPROACH

Nowadays, there are still many teaching methods centered on lecturers (lecturer center learning). In this method the teaching and learning system does not provide opportunities for students to speak English actively. Based on the results of the evaluation of learning English at Poltekba, it is known that the English proficiency of most students is still low as indicated by the final score of students in each semester, which is more than 60% of students got score ≤ B. Therefore it is important for researchers to know how the method should be applied to learn English at Balikpapan State Polytechnic, so that the final score of student and their English language proficiency can increase significantly and have an impact on increasing the percentage of Poltekba graduates who are accepted in foreign companies. The purpose of this study was to improve the English language skills of Poltekba students especially on communication skill by designing a form of the Communicative approach method, which is a method that can be used in all English learning classes with a student center learning so that it emphasizes student activeness through speaking and produce vocabularies.

Keywords : English Proficiency, Communication Skill, Communicative Approach, Student Centre Learning


Full Text:

PDF

References


Richard, Jack C. “Curriculum Development in Language Teaching”, Cambridge University Press, Cambridge (2001)

Waluyo, Kunardi, Joko, N. “Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Komunikatif dalam Pengejaran Bahasa Inggris di SMA dan SMK Kota Surakarta”, Jurnal Penelitian Pedagogia, (2010): 87-97

Glenn Deckert. “The communicative approach: addressing frequent failure”, English teaching Forum, (2004)

Sagala, Syaiful. “Konsep dan Makna Pembelajaran”, Alfabeta, Bandung (2003)

Herman, hudojo. “Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Commom Textbook”. Imstep Jica, (2003)

William Littlewood. “Communicative Language Teaching”, Cambridge University Press, Cambridge, (1981)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.