STRATEGI PEMULIHAN USAHA PERHOTELAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI HOTEL SWISSBELL BALIKPAPAN
Abstract
Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang sebagian besar kegiatan pariwisatanya adalah pariwisata industri. Sebagai kota industri, Balikpapan memiliki banyak membangun hotel sebagai sarana akomodasi pariwisata. Masa pandemi covid 19 saat ini membuat beberapa usaha perhotelan menjadi terganggu hingga banyak hotel di Balikpapan terpaksa ditutup karena tidak bisa mengembangkan usahanya. Salah satu hotel yang terkena dampak pandemi adalah hotel Swissbell Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui usaha yang dilakukan hotel Swissbell Balikpapan untuk bertahan dalam menjalankan usahanya serta mengetahui strategi yang tepat guna memulihkan usaha perhotelan di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara mendalam dan studi pustaka pada buku, jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel Swissbell berusaha mempertahankan usahanya dengan berbagai cara, yaitu hotel Swissbell memastikan sterilisasi hotel serta karyawan, melakukan promosi secara online, bekerjasama dengan pihak kedua, menambah jam kerja karyawan, serta memaksimalkan penggunaan fasilitas-fasilitas hotel untuk menaikkan pendapatan. Strategi yang tepat dalam memulihkan usaha perhotelan adalah dengan memaksimalkan protokol pencegahan virus covid 19, pemanfaatan promosi secara online, serta memaksimalkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya.
Kata Kunci: Strategi, Usaha Perhotelan, Pandemi Covid 19
THE STRATEGY OF HOTEL BUSINESS RECOVERY DURING THE
PANDEMIC OF COVID 19 IN THE SWISSBELL HOTEL BALIKPAPAN
Balikpapan is one of the cities in East Kalimantan where most of its tourism activities are industrial tourism. As an industrial city, Balikpapan has built many hotels as a means of tourism accommodation. The current in pandemic of COVID-19 make several hotel businesses has disrupted, so many hotels in Balikpapan were forced to close because they could not expand their business. One of the hotels affected by the pandemic is the Swissbell Balikpapan hotel. The purpose of this study was to find out the efforts made by the Swissbell Balikpapan hotel to survive in running its business and to find out the right strategy to restore the hospitality business during the covid 19 pandemic. This study uses a descriptive qualitative approach using in-depth interviews and literature studies on books, scientific journals. The results showed that Swissbell hotels tried to maintain their business in various ways, namely Swissbell hotels ensuring the sterilization of hotels and employees, conducting online promotions, collaborating with second parties, increasing employee working hours and maximizing the use of hotel facilities to increase revenue. The right strategy in restoring the hospitality business is maximizing the covid 19 virus prevention protocol, utilizing online promotions, and maximizing the use of other supporting facilities.
Keywords: Strategy, Hospitality Business, Pandemic of Covid 19
Full Text:
PDFReferences
Kalimantan.bisnis.com (2021). “Industri Hotel dan Restoran di Balikpapan Berharap Stimulus dari Pemerintah”. Sumber: https://kalimantan.bisnis.com/read/20210812/408/1429110/industri-hotel-dan-restoran-di-balikpapan-berharap-stimulus-dari-pemerintah.
Wardiyanta, 2006, Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta: ANDI
Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Soejono, dan Abdurrahman, 1999, Metode Penelitian, Jakarta: PT. RIENEKA CIPTA
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Pforr, Christof and Peter J Hosie (2007). “Crisis Management In Tourism:
Preparing For Recovery.” Journal of travel & tourism marketing, vol.
, no. 02, pp 249-264
Hasibuan, s.p.m. (2011). Manajemen dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta:
cv. Haji masagung.
Nuruddin, Wirawan Putu Eka, Pujiastuti Sri, Astuti Ni Nyoman Sri (2020). Strategi Bertahan Hotel di Bali saat Pandemi Covid 19. Journal of Bali Studies, vol. 10, No. 02, Oktober 2020.
Tim Manajemen Hotel Swissbell Balikpapan. Wawancara tanggal 19 Juni 2021
Suciati, Desak ayu Putu, Suadnya, I Made. (2021). Strategi Pemulihan Pariwisata Pasca Penanganan Pandemi Covid 19 di Bali. Journal of Maha Widya Duta Vol. 5 No 1, April 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.