PENGARUH BERBAGAI MEDIA PENYEDIA JAWABAN SOAL DI INTERNET TERHADAP PEMAHAMAN REAL PESERTA DIDIK DI SMA N 1 BATANG ANGKOLA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X MIA

Okta Senira Mamora Nasution

Abstract


Fisika merupakan cabang utama sains karena prinsip prinsipnya didikan dasar bagi cabang-cabang sains yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai media pencari jawaban soal di internet terhadap pemahaman real siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan cara kualitatif dimana penulis menyebarkan kuesioner secara online terhadap peserta didik kelas X di SMAN 1 Batang Angkola yaitu kuisoner  yang berguna untuk mengukur seberapa sering siswa atau siswi menggunakan internet untuk mencari jawaban soal-soal Fisika. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa pengaruh berbagai media pencari jawaban soal fiska di internet terhadap pemahaman real siswa/i SMAN 1 Batang Angkola kelas X MIA adalah sebesar 48,2 % dan sisanya sebesar 51,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: Pendidikan, Fisika, Internet,Pengaruh, Teknologi.


THE EFFECT OF VARIOUS MEDIA PROVIDING ANSWERS ON THE INTERNET ON THE REAL UNDERSTANDING OF STUDENTS IN SMA N 1 BATANG ANGKOLA ON PHYSICS LESSONS IN CLASS X MIA

Physics is the main branch of science because its principles are the foundation for other branches of science. The purpose of this study was to determine the effect of various media seeking answers to questions on the internet on students' real understanding. This type of research is a qualitative research in which the authors distribute online questionnaires to class X students at SMAN 1 Batang Angkola, which is a questionnaire that is useful for measuring how often students use the internet to find answers to physics questions. Based on the results of research conducted by researchers, it can be concluded that the influence of various media seeking answers to physics questions on the internet on the real understanding of students at SMAN 1 Batang Angkola class X MIA is 48.2% and the remaining 51.8% is influenced by other factors.

Keywords: Education, Physics, Internet, Influence, Technology.



Full Text:

PDF

References


S. Salim, A., & Taib, Fisika Dasar 1. Deepublish, 2018.

M. Dhori, “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sd Negeri 7 Kayuagung,” J. Islam. Educ., Vol. 1, Pp. 110–124, 2021, [Online]. Available: Http://Ejournal.Uin-Suka.Ac.Id/Tarbiyah/Hjie/Article/View/3916/2073.

J. Handhika, “Pembelajaran Fisika Melalui Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Aktivitas Dan Perhatian Mahasiswa1),” J. Penelit. Pembelajaran Fis., Vol. 1, No. 1, Pp. 9–23, 2012, Doi: 10.26877/Jp2f.V1i1/April.104.

H. Hermanto, M. Marsudi, E. Subali, And E. Hendrajati, “Efektifitas Tik Untuk Peningkatan Proses Belajar Mengajar Di Paud, Tk Dan Madrasah Diniyah “Mamba’ul Hisan Dusun Sekargadung, Desa Balerejo Ii, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar,” Iptek J. Proc. Ser., Vol. 0, No. 5, P. 77, 2018, Doi: 10.12962/J23546026.Y2018i5.4425.

W. I. Sitorus And J. Sojanah, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, Vol. 3, No. 2, P. 93, 2018, Doi: 10.17509/Jpm.V3i2.11769.

Zailani, “Etika Belajar Dan Mengajar,” Intiqad, Vol. 9, Pp. 147–161.

N. Fitriani, Cantika, L., Lolita, “Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika Sma Besaran, Satuan, Dan Pengukuran Di Man 2 Kota Jambi,” J. Penelit., Vol. 5, Pp. 81–88, 2021.

S. U. S. Supardi, L. Leonard, H. Suhendri, And R. Rismurdiyati, “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika,” Form. J. Ilm. Pendidik. Mipa, Vol. 2, No. 1, Pp. 71–81, 2015, Doi: 10.30998/Formatif.V2i1.86.

D. Agustiah, T. Fauzi, And E. Ramadhani, “Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa,” Islam. Couns. J. Bimbing. Konseling Islam, Vol. 4, No. 2, P. 181, 2020, Doi: 10.29240/Jbk.V4i2.1935.

Suhermi And D. B. Widjajanti, “What Are The Roles Of Technology In Improving Student Statistical Literacy?,” J. Phys. Conf. Ser., Vol. 1581, No. 1, 2020, Doi: 10.1088/1742-6596/1581/1/012067.

S. Al-Sarawi, M. Anbar, K. Alieyan, And M. Alzubaidi, “Icit 2017 : The 8th International Conference On Information Technology : Internet Of Things Iot : Conference Proceedings : May 17th - 18th, 2017, Amman, Jordan.,” Int. Conf. Inf. Technol. Internet, Pp. 697–702, 2017.

Rofadhilah, O. A. Taufik, And L. Hakim, “Dampak Penggunaan Teknologi Internet Terhadap Etika Dan Akhlaq Anak Dalam Keluarga Di Jakarta Utara,” Jisamar, Vol. 2, No. 1, Pp. 25–46, 2018.

C. L. Gan And V. Balakrishnan, “Mobile Technology In The Classroom: What Drives Student-Lecturer Interactions?,” Int. J. Hum. Comput. Interact., Vol. 34, No. 7, Pp. 666–679, 2018, Doi: 10.1080/10447318.2017.1380970.

H. N. Rahmawati, M. K. B. Iqomh, And H. Hermanto, “Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Motivasi Belajar Remaja,” J. Keperawatan Jiwa, Vol. 5, No. 2, P. 77, 2019, Doi: 10.26714/Jkj.5.2.2017.77-81.

F. K. Annisa Nurul Utami, “Dampak Negatif Adiksi Penggunaan Smartphone Terhadap Aspek-Aspek Akademik Personal Remaja,” Perspekt. Ilmu Pendidik., Vol. 33, No. 1, Pp. 1–14, 2019.

M. M. Trianggono, “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika,” J. Pendidik. Fis. Dan Keilmuan, Vol. 3, No. 1, P. 1, 2017, Doi: 10.25273/Jpfk.V3i1.874.

F. Gandur, D. Tola, And S. H. G. Ma, “Pengaruh Kemajuan Teknologi Internet Terhadap Rendahnya Minat Belajar Siswa Smp Negeri 4 Ruteng Manggarai Barat,” J. Manaj. Pendidik. Islam Al-Idarah, Vol. 6, No. 1, Pp. 40–46, 2020.

S. R. Anita And E. Tasrif, “Pengaruh Internet Dan Motivasi Terhadap Hasil Penyelesaian Tugas Pelajaran Dasar Desain Grafis,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. Dan Inform., Vol. 7, No. 1, P. 100, 2019, Doi: 10.24036/Voteteknika.V7i1.103786.

Sulhan, “Pengaruh Media Internet,” Vol. 1, No. 1, Pp. 58–66, 2016.

R. Buaton And Y. Maulita, “Angket Dosen Secara Online,” Vol. 5, Pp. 16–25, 2015.

T. K. Bungsu, M. Vilardi, P. Akbar, And M. Bernard, “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas,” J. Educ., Vol. 01, No. 02, Pp. 382–389, 2018.

H. Nasmal, “Analisis Pengaruh Pemanfaatan Penggunaan Media Internet Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Pamulang Tahun Ajaran 2019,” Vol. 4, No. 1, Pp. 44–52, 2019.

D. Dedyerianto, “Pengaruh Internet Dan Media Sosial Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa,” Al-Ta’dib, Vol. 12, No. 2, P. 208, 2020, Doi: 10.31332/Atdbwv12i2.1206.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.