ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN PADA JALAN AHMAD YANI KM. 18 – KM. 28 KALIMANTAN SELATAN
Abstract
Dalam penelitian ini lebih difokuskan pada analisis kecelakaan lalu lintas dengan studi empiris penelitian dilakukan di ruas jalan Ahmad Yani km 18 sampai dengan km 28. Ruas jalan ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas sehingga dirasa perlu penelitian lebih lanjut untuk memberikan informasi tentang kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Ahmad Yani km 18 sampai dengan km 28 dengan harapan dapat memberikan pemahaman tentang kecelakaan lalu lintas secara keseluruhan sebagai pemahaman untuk pencegahan dan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Dalam menganalisis kecelakaan lalu lintas di lokasi penelitian, diperlukan data-data yang mendukung penelitian yaitu data sekunder yang diperoleh dari Kepolisian Polres banjarbaru dan data kuisoner. Hasil penelitian faktor penyebab kecelakaan karna kelalaian penggendara dan fasilitas jalan yang kurang. Daerah rawan kecelakaan “Blackspot” yang terjadi diruas jalan Ahmad Yani Km 18 – Km 28 Banjarbaru dengan metode AEK dan metode UCL pada tahun 2020 berada pada Km 21 – 22, Km 22 – 23, Km 23 – 24, Km 24 – 25, dan Km 26 – 27. Berdasarkan data kuisoner maka penyebab kecelakaan terbesar adalah tidak fokusnya pengendara yaitu sebesar 43% dan waktu seringnya terjadi kecelakaan adalah malam hari yaitu sebesar 53%. Dalam mengurangi kecelakaan yang terjadi dengan cara dibuat nya pembatas jalan, menambah rambu-rambu lalu lintas, dan Menempatkan petugas lalu lintas pada jam sibuk, pada daerah yang rawan terjadi kecelakaan..
Kata kunci: Rawan Kecelakaan, Lalu Lintas, Jalan
ANALYSIS OF ACCIDENT PROBLEMS ON AHMAD YANI ROAD KM. 18–KM. 28 SOUTH KALIMANTAN
In this study, it is more focused on the analysis of traffic accidents with empirical studies of research carried out on the Ahmad Yani road km 18 to km 28. This road section often has traffic accidents so that it is felt that further research is needed to provide information about traffic accidents on this segment. Jalan Ahmad Yani km 18 to km 28 with the hope of providing an understanding of traffic accidents as a whole as an understanding for prevention and reducing the number of traffic accidents. In analyzing traffic accidents at the research location, data that supports the research are needed, namely secondary data obtained from the Banjarbaru Police and questionnaire data. The "Blackspot" accident-prone areas that occur on the Ahmad Yani road Km 18 - Km 28 Banjarbaru using the AEK method and the UCL method in 2020 are at Km 21 - 22, Km 22 - 23, Km 23 - 24, Km 24 - 25, and Km 26 – 27. Based on questionnaire data, the biggest cause of accidents is the driver's lack of focus, which is 43% and the time when accidents often occur is at night, which is 53%. In reducing accidents that occur by making road barriers, adding traffic signs, and placing traffic officers during rush hour, in areas prone to accidents.
Keywords: Accident Prone, Traffic, Road
Full Text:
PDFReferences
J. Sumberbaru, K. M. Jbr, and K. M. Jbr, “Analisis Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Segmen Jalan” (2009).
A. Zanuardi and H. Suprayitno, “Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knowledge Discovery in Database,” J. Manejemen Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 2, no. 1, (2018).
N. Utomo, “Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Segmen Jalan By-Pass Krian-Balongbendo (Km. 26+000-Km. 44+520),” J. Tek. Sipil KERN, vol. 2, no. 2, (2012): 73-84.
Zulhendra, “JurZulhendra. Jurnal analisis tingkat kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan propinsi sta km 190-240 (simpang kumu-kepenuhan). Jurnal Tehnik Sipil, (2015): 2–6.
C. J. Khisty and B. K. Lall, Transportation Engineering an Introduction 3rd Edition. (2003).
Refbacks
- There are currently no refbacks.