EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 1 SIBORONGBORONG

Diana Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran fisika materi pengukuran kelas X IPA SMA N 1 Siborongborong. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA N 1 Siborongborong yakni sebanyak 150 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 125 dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dimana jumlah sampel akan tersebar secara proporsional di masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penggunaan google classroom dapat digunakan secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar dengan presentase 76,43%. Kemudian efektifitas google classroom dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar secara positif dan signifikan.

Kata kunci:efektivitas penggunaan google classroom, hasil belajar

 

THE EFFECTIVENESS OF USING GOOGLE CLASSROOM AS AN
ONLINE LEARNING MEDIUM ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PHYSICS SUBJECTS AT SMA N 1 SIBORONGBORONG

This research aims to determine the effectiveness of the use of google classroom as an online learning medium on student learning outcomes in physics subjects measuring material for class X IPA SMAN 1 Siborongborong.  The population used in this study was class X IPA SMA N 1 Siborongborong, which was 150 students.  The sample used is 125 using proportional random sampling technique where the number of samples will be spread proportionally in each class.  Data collection techniques used are primary data and secondary data.  The data analysis technique used in this study is descriptive analysis and multiple linear regression with the help of the SPSS version 25 program. Based on the results of data analysis, it can be said that the use of google classroom can be used effectively in teaching and learning activities with a percentage of 76.43%.  Then the effectiveness of google classroom and learning motivation affect learning outcomes positively and significantly.

Keywords: the effectiveness of using google classroom, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


N. S. Hanum, “Keefetifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran Elearning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto),” J. Pendidik. Vokasi, Vol. 3, No. 1, Pp. 90–102, 2013, Doi: 10.21831/Jpv.V3i1.1584.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 2(1), 48. Https://Doi.Org/10.25273/Jpfk.V2i1.24

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Jurnal Online Universitas Pgri Palembang,2,125–129. Https://Jurnal.Univpgripalembang.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpps/Article/View/2

Putri, G. K., & Dewi, Y. A. S. (2019). Effect Of Google Classroom-Based Distance Learning Model. Alfikrah, 2(1), 60–79

A. B. Kusuma And W. Astuti, “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom,” J. Lahjah Arab., Vol. 1, No. 1, Pp. 67– 89, 2019.

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, A. S. S. M. (2016). The Application Of Google Classroom As A Tool For Teaching And Learning. Journal Of Telecommunication, Electronic And Computer Engineering, 8(10), 5–8.

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online Di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46. Http://Jurnal.Untad.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Jkto/Article/View/15680

Harefa, N., & Sumiyati. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Google Classroom Sebagai Lms Pada Masa Pandemi Covid-19. Science Education And Application Journal,2(2),88. Https://Doi.Org/10.30736/Seaj.V2i2.270

Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness Of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library Uin Sunan Gunung Jati, 1–9. Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/30584/

Smaldino, S.E., Lowther, D.L. & Russell, J.D., (2008). Instructional Technology And Media For Learning.

Asyhar, R., (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.

Sutrisno. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Online Dengan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106. Https://Jurnaldikpora.Jogjaprov.Go.Id/Index.Php/Jurnalideguru/Article/View/151/16

Sulisworo, D., Agustin, S. P., Iii, K., & Soepomo, J. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 1–7.

A. Z. Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

I’anatut Thoifah, Statistika Pendidikan Dan Hipote Penelitian Kuantitatif, Cetakan Sa. Malang, 2015.

S. Hidayat And Dkk, “Pengaruh Pemberian Assessment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori Dan Inkuiri Di Kelas Xi Ia Sma N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., Vol. 1, Pp. 1–14, 2012.

Tanami Sukraini, T., Kasiani, & Putu Yoga Laksana, I. (2020). Penerapan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Statistik Bisnis. Indonesian Society Of Applied Science (Isas), 6(2), 537–545.

Mohd Shaharanee, I. N., Jamil, J., & Mohamad Rodzi, S. S. (2016). The Application Of Google Classroom As A Tool For Teaching And Learning. Journal Of Telecommunication, Electronic And Computer Engineering, 8(10), 5-8.

Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness Of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52-66.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library Uin Sunan Gunung Jati, 1–9. Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/30584/

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika Issn 26158132 (Cetak) Issn 26157667 (Online), 2(1), 50–59. Https://Ejournal.My.Id/Proximal/Article/View/21

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Heggart, K. R., & Yoo, J. (2018). Getting The Most From Google Classroom: A Pedagogical Framework For Tertiary Educators. Australian Journal Of Teacher Education, 43(3), 140–153. Https://Doi.Org/10.14221/Ajte.2018v43n3.9

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. Https://Webcache.Googleusercontent.Com/Search?Q=Cache:Ss_Jkm_R2taj:Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnasl Emlit/Article/Download/8256/4767+&Cd=2&Hl=Id&Ct=Clnk&Gl=Id

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(November), 119–135


Refbacks

  • There are currently no refbacks.