PERAN ALUMNI DALAM PENGEMBANGAN MODEL TRIPLE HELIX (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI TEKNIK ALAT BERAT POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA)

Abdul Muis, Faisal Faisal, M Taufik

Abstract


Konsep Triple Helix pertama kali diperkenalkan oleh Henry Etzkowitz dan Loet Leydesdorff dalam menganalisis hubungan antara universitas, industri dan pemerintah. Salah satu output dari universitas adalah alumni. Peran alumni dalam model triple helix belum terlihat jelas  jika dibandingkan dari peran pengambangan ilmu pengetahuan teknologi serta inovasi penelitianyang dimiliki universitas untuk menjalankan sinergi triple helix tersebut. Alumni secara tidak langsung dapat berperan dalam memperkuat model triple helix sebagai bagian dari universitas yang mengaitkan lingkaran industri dan pemerintah. Hal ini dapat dimungkinan dari alumni yang bekerja di industri dan pemerintah dengan melakukan peran aktif sebagai output dan keterwakilan dari universitas agar model triple helix ini berjalan secara baik. Program Studi Teknik Alat Berat Politeknik Alat Berat sejak tahun 2010 telah menghasilkan alumni pertamanya dan sudah bekerja di berbagai industri dan pemerintah. Peran alumni dari program studi ini sangat membantu dalam kelancaran atmosfir akademik dan menunjang keberlanjutan kerjasama antara program studi dan pihak industri serta pemerintah. Berdasarkan hal tersebut peran alumni dapat diasumsikan dapat memperkuat model triple helix sebagai sinergi yang saling menguntungkan antar elemennya yang perlu dibuktikan dalam penelitian ini. Untuk meneliti hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari pihak industri dan pemerintah sebagai pemakai alumni. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagaimana peran alumni terutama alumni Program Studi Teknik Alat Berat dalam dunia industri dan pemerintahan, sehingga pengembangan model triple helix tersebut dapat bersinergi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model triple helix dengan melibatkan peran alumni sebagai salah satu elemen tambahan dalam model triple helix. Hasil penelitian ini menjelaskan dan memposisikan peran alumni dalam pengembangan model triple helix, terutama dalam studi kasus di Program Studi Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Samarinda.


Full Text:

PDF

References


Sitorus Hasan M. S. 2016.Peranan Perguruan Tinggi Dalam Penerapan Triple helix. Harian Jurnal Asia, 2016.

Ahmadi Hossein et al. 2012. Customer Relationship Management Model for UTM Alumni Liaison Unit International Journal of Engineering and Innovative Technology (IJEIT). Volume 2, Issue 5, November.

Borang Akreditasi. 2015. Program Studi Teknik Alat Berat. Politeknik Negeri Samarinda.

LeydesdorffLoet. 2003. The Mutual Information of University-Industry-Government Relations: An Indicator of the Triple helix Dynamics. Science & Technology Dynamics, University of Amsterdam.

LeydesdorffLoet. 2013. A sociological theory of communication the self –organization of the knowledge base society. Universal publisher second edition, USA.

Helga Nowotny, Scotty Peter, Gibbons Michael. 2001. Re-ThinkingScience. Knowledge and the Public in an Age of Uncertainty. Cambridge, Reino Unido Polity Press.

Etzkowitz Henry. 2007. University-Industry-Government: The Triple helixModel of Innovation. EOQ Congresses Proceedings. 51st EOQ Congress.

La Paz Ariel, Cancino Christian, Miranda Jaime. 2012. Start-ups success using public funds: university versus industry sponsorship. Multidisciplinary Business Review, Vol. 5, No. 1, pp. 38-45.

Farinha Luis and Ferreira João J., 2013. Triangulation of The Triple Helix : A Conceptual Framwork. University of Beira Interior (UBI), Covilhã, Portugal.

Perkmanna Markus et al. 2013. Academic engagement and commercialisation: A review of the literature on university–industry relations. Elsevier B.V.Research Policy 42. 423– 442.

Pahurkar Rajesh N. 2015. Creating Entrepreneurs through Entrepreneurial Universities. Scientific & Academic Publishing. 5(2): 48-54.

AmaralMarcelo. 2015. Management and assessment of innovation environmentsTriple helixJournal. 2:19

Balzer Harley, and AskonasJon . 2016. The Triple helix after communism: Russiaand China compared. Triple helix Journal.

NewmanMelissa D. 2011. Does membership matter?Examining the relationship between alumniassociation membership and alumni giving. International Journal of Educational Advancement. Vol. 10, 4, 163–179.

Gaier Scott. 2005. Alumni Satisfaction with Their Undergraduate Academic Experience and the Impact on Alumni Givin and Participation. International Journal of Educational Advancement. Vol.5 No.4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.