GAME TEBAK GAMBAR SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) DENGAN NUANSA AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN PERANGKAT INTERAKSI SENSOR LEAP MOTION CONTROLLER

Moh Zikky, Ahmad Farizi A.R, Ahmad Basuki, Rizky Yuniar Hakkun

Abstract


Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) yang merupakan bahasa baku untuk para penyandang tunarungu/wicara di Indonesia belum banyak dikenali dan dipahami oleh masyarakat umum, sehingga masih terjadi jarak yang renggang antara orang normal dan kaum penyandang divabel tersebut dalam hal interaksi sehari-hari di masyarakat. Terkadang memang belajar SIBI tidak menarik bagi orang normal karena dianggap hal tersebut tidak dibutuhkan, sementara para penyandang tunarungu/wicara sangat butuh bahasa ini karena tidak ada pilihan lain dalam berinteraksi. Game ini menyajikan solusi pendidikan SIBI yang menyenangkan khususnya bagi orang normal yang akan memahami Bahasa SIBI sambil bermain game ataupun bagi para penyandang tunarungu/wicara sendiri yang ingin bermain dan belajar dengan bahasa isyaratnya. Game disajikan dengan nuansa AR (augmented reality) agar lingkungan permainan terasa nyata dan menyatu dengan sekitar pemain. Sedangkan interaksi bahasa isyarat tangan user akan dimediasi melalui perangkat sensor leap motion. Perangkat leapmotion didesain agar mampu membaca setiap gestur gerakan bahasa isyarat SIBI dalam beberapa frame yang diperagakan oleh pemain. Sistem terlebih dahulu akan menyimpan semua jawaban game dalam datasheet gestur Bahasa SIBI, sehingga saat pemain memberikan jawaban dengan bahasa isyarat tangan, leap motion akan merekam dan mencocokkannya dengan datasheet yang telah disimpan sebelumnya

Full Text:

PDF

References


Agus Diono. “Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Pergeseran Paradigma Penanganan Penyandang Disabilitas”,Buletin Jendela Data dan Informasi kesehatan kemenkes RI (2014): 19-24

I. H. Zusfindhana, “Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) oleh Siswa Tunarungu remaja di SLB-B Kota Bandung”,Tesis Universitas Pendidikan Indonesia(2015).

Julie A Jacko, Andrew Sears. “Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises”. CRC Press (2003): 459.

Frank Weichert, dkk.“Analysis of the Accuracy and Robustness of the Leap Motion Controller”, SENSOR Jurnal, TU Dortmund (2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.