PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI PADA MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA

Maulita Maulita, Nyoria Anggraeni Mersa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan pengaruh tidak lngsung dari status social ekonomi orang tua, pendidikn keungan keulurga, pembelajaran di perguruan tinggi dan kecerdasan spiritual terhadap literasi keuangan dan manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Data dianalisis menggunakan path analisis. Hasil peneitian ini menemukan pengaruh langsung dari status social ekonomi orang tua dan kecerdsan spiritual terhadap literasi keuangan dan manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Dan dalam penelitian ini tidak menemukan pengaruh tidak langsung status social ekonomi orang tua, pendidikan keuangan keluarga, pembelajaran di perguruan tinggi dan kecerdasan spiritual terhadap literasi keuangan dan manajemen keuangan pribadi mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Fowdar, “Financial Literacy: Evidence from Mauritius,” Mauritius Res. Counc., 2007.

B. L. Jorgensen, “Financial Literacy of Collage Student : Parental and Peer Influence,” Virginia, 2007.

S. P. G., “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi,” J. Manaj., vol. 11 (2), pp. 171–188, 2012.

I. Widayati, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua , Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga , dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa,” vol. 2, no. 2, pp. 176–183, 2014.

P. Pendidikan et al., “AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Chusnul Chotimah Suci Rohayati,” no. 3, 2013.

C. & Rohayati, “Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Sosial ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual dan teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya,” 2010.

L. et Al, “Financial Literacy Among The Young,” J. Cunsumers Aff., vol. 4 (2), pp. 358–380, 2010.

Yulianto, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi,” 2009.

Imam Ghozali, “Stuctural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Parsial Least Square (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro, Semarang, 2006.

A. Haryono, “Pengaruh Sistem Pembelajaran dan Status Soisal Ekonomi Terhadap Economic Literacy Siswa SMA di Kota Malang,” Universita Malang, 2008.

N. Laily, “Pengaruh Literasi keuangan terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Mengelola keuangan,” J. Account


Refbacks

  • There are currently no refbacks.