PENGARUH DUAL SPARK IGNITION TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA 4-STROKE GASOLINE ENGINE SINGLE CYLINDER

Achmad Aminudin, Nanang Romandoni, Firda Elen Saputra

Abstract


Dalam mengatasi permasalahan pada proses pembakaran yang lambat, diperlukan beberapa alternative. Salah satu alternative, yaitu dengan menerapkan double sparkplug dan pengaturan ignition timing pada kendaraan prototype gasoline untuk meningkatkan pembakaran yang cepat dan sempurna serta mengurangi emisi gas buang. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan 2 busi dan memajukan ignition timing agar menghasilkan power yang maksimal. Dengan menambahkan 1 busi pada sisi kiri kepala silinder. Untuk memaksimalkan percikan bunga api digunakan ignition coil kendaraan T120ss dan busi iridium. Proses pengujian dilakukan dengan dynotest untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan serta gas analyzer untuk mengetahui kandungan emisi gas buang. Dari hasil pengujian menggunakan dynotest dapat disimpulkan bahwa daya maksimal yang dihasilkan sebesar 8.6 Hp pada putaran mesin 6000 rpm dalam kondisi 2 busi ignition timing 2 (18°), mengalami peningkatan sebesar 14.67% dari kondisi mesin standar. Dan torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 21.12 Nm pada putaran mesin 2000 rpm dalam kondisi 2 busi ignition timing 2 (18°), mengalami peningkatan sebesar 23.15% dari kondisi mesin standar. Sedangkan untuk emisi gas buang yang dihasilkan emisi (CO dan HC) juga mengalami penurunan terhadap nilai pada mesin standar. Pada emisi CO terjadi penurunan sebesar 56.6% sedangkan pada emisi HC sebesar 16.2%.


Full Text:

PDF

References


Ahmed, s.f. and mastorakos, e. 2015. spark ignition of a turbulent shear-less fuel–air mixing layer. Fuel.

Bellis, v.d. 2016. Performance optimization of a spark-ignition turbocharged vva engine under knock limited operation. Applied energy 164: 162–174.

Bailkeri, n., prasad s, k., rao b.r, s. 2014. Performance study on twin plug spark ignition engine at different ignition timings. International journal of science and research 2 (8): 231-236.

Dubey, a., Pareta, a., Sharma., p. 2014. Study of multiple spark ignition engines with single spark ignition engines on the basis of engine efficiency and emission characteristics size. International journal of current engineering and technology 3: 14-17.

Forte, C., Bianchi, G.M., Corti, E., Fanton, S. 2015. Evaluation of the effects of a twin spark ignition system on combustion stability of a high performance pfi engine. Energy procedia 81: 897-906.

Prabhkar, g.v.n.b., babu, b.k., prasad, k.d. 2014. Digital twin and triple spark ignition in fourstroke internal combustion engines of two-wheelers. International journal of innovations in engineering and technology 4 (4): 293-298.

Tufel, noorani. Tanpa tahun. Digital twin spark ignition (dtsi).

Cahyadi, k.m., et.al. 2010. Pengaruh penggunaan busi ganda dan cdi ganda terhadap daya sepeda motor yamaha jupiter z tahun 2009. Universitas negeri surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.